Hizbullah Serang Balik Pangkalan Militer AS, Empat Tentara Amerika Tewas

VIVA Militer: Pasukan Hizbullah Lebanon
Sumber :
  • jpost.com

Suriah – Saluran TV Lebanon yang terkait dengan Hizbullah al-Mayadeen mengatakan pada Senin, 13 November 2023, bahwa serangan roket Hizbullah menargetkan pangkalan Amerika Serikat (AS), di ladang gas Conoco, timur laut Deir Ezzor di Suriah timur.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Hal ini dilakukan sebagai tindakan pembalasan atas serangan Amerika di kota al-Mayadeen dan al-Mayadeen di Suriah.

Saluran TV pro-Iran mengatakan bahwa perlawanan itu menargetkan pangkalan AS dengan 15 roket yang ditujukan ke markas komando pangkalan militer AS di ladang gas Conoco.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

VIVA Militer: Rudal milisi Hizbullah Lebanon

Photo :
  • almaydeen.net

“Beberapa tentara AS tewas dalam serangan yang menargetkan pangkalan Conoco di Suriah timur," kata seseorang yang mengetahui masalah itu, yang tidak disebutkan namanya.

5 Fakta Tersembunyi Hubungan Iran dan Israel, Pernah Seharmonis Ini

Saluran TV tersebut juga mengatakan serangan itu dilakukan dengan menggunakan rudal Grad dan menyebabkan empat tentara AS tewas. Selain itu, serangan balasan lainnya juga menargetkan pangkalan AS di al-Shadadi di al-Hasakah, timur laut Suriah, dengan tiga drone bunuh diri.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan AS, Llyod Austin, pada Minggu, 12 November 2023, mengonfirmasi serangan militer Amerika di Suriah.

“Pasukan militer AS melakukan serangan presisi terhadap fasilitas di Suriah timur yang digunakan oleh Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran dan kelompok yang berafiliasi dengan Iran sebagai tanggapan atas serangan berkelanjutan terhadap personel AS di Irak dan Suriah. Serangan tersebut dilakukan terhadap fasilitas pelatihan dan rumah persembunyian di dekat kota Abu Kamal dan Mayadin.”

"Presiden tidak mempunyai prioritas lebih tinggi daripada keselamatan personel AS, dan dia mengarahkan tindakan hari ini untuk memperjelas bahwa Amerika Serikat akan membela diri, personelnya, dan kepentingannya," tambahnya.

Serangan militer AS terhadap sasaran-sasaran yang terkait dengan Iran di Suriah terjadi sebagai respons terbaru terhadap serangkaian serangan pasukan AS di Suriah dan Irak, di tengah meningkatnya ketegangan di kawasan akibat perang yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya