Ini Sosok Yasser Arafat, Pemimpin Palestina yang Ditakuti Israel

Yasser Arafat
Sumber :
  • iop.harvard.edu

Jakarta - Yasser Arafat merupakan salah yang pernah memimpin Palestina dan sempat ditakuti oleh Israel karena keberaniannya. Ia juga merupakan pendiri parti politik Al Fatah.

Universitas Oxford hingga Cambridge Bergabung dalam Aksi Pro-Palestina

Tempatnya pada 11 November 2004, Yasser Arafat meninggal dunia di usianya ke 75. Meskipun sosoknya sudah tidak ada, akan tetapi bangsa Palestina akan terus mengenang jasanya.

- Profil Yasser Arafat

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

(kiri-kanan): PM Israel Yitzhak Rabin, Bill Clinton dan Yasser Arafat

Photo :
  • en.wikipedia.org

Memiliki nama lengkap Muhammad Yassir Abdul Rahman Abdul Rauf Arafat al-Qudw atau nama terkenalnya adalah Yasser Arafat yang lahir pada 24 Agustus 1929 di Kairo Mesir. Ia merupakan seorang negarawan asal Palestina.

2 Militer Israel Tewas usai Kena Serangan Rudal Hizbullah

Yasser Arafat adalah adalah Ketua Organisasi Pembebasan Palestina, Presiden Otoritas Nasional Palestina dan ia juga pasukan milisi Fatah yang ia dirikan pada tahun 1959. Ia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menentang keberadaan Israel.

Wafatnya pada 11 November 2004, mayoritas rakyat Palestina mengenal Yasser Arafat sebagai pejuang kemerdekaan yang heroik dan martir yang menyimbolkan hati rakyatnya.

Yasser Arafat (kiri) beserta para aktivis Palestina pada 1980

Photo :
  • Wikimedia Commons / Al Sabah

Namun Israel menyebutnya sebagai seorang teroris yang tidak pernah menyesali perbuatannya. Maka dari itu sosok Yasser Arafat merupakan sosok yang sangat ditakuti oleh bangsa zionis ketika masih hidup.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya