Sebut Polisi Lebih Kalem Tangani Demo Pro-Palestina, Suella Braverman Dipecat Jadi Mendagri Inggris

Suella Braverman mengundurkan diri sebagai menteri dalam negeri Inggris.
Sumber :
  • The Guardian.

VIVA – Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak memecat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Suella Braverman, yang memicu kemarahan karena menuduh polisi terlalu lunak terhadap pengunjuk rasa pro-Palestina.

AS dan Inggris Balas Dendam! Serangan Udara Hujani Houthi di Yaman

Dikutip dari Aljazeera, pemerintah mengatakan pada hari Senin, 13 November 2023, bahwa Braverman telah meninggalkan pekerjaannya sebagai bagian dari perombakan kabinet menjelang pemilihan umum yang diharapkan tahun depan. Setelah pemecatannya, Braverman mengaku merasa terhormat pernah jadi Mendagri Inggris.

“Merupakan hak istimewa terbesar dalam hidup saya untuk menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri. Saya akan mengatakan lebih banyak lagi pada waktunya nanti,” ujarnya.

Anggota Parlemen Inggris Dinonaktifkan dari Partainya Karena Menjelekkan Islam

PM Inggris Rishi Sunak

Photo :
  • AP Photo/David Cliff

Sunak mendapat tekanan yang semakin besar untuk memecat Braverman, seorang tokoh sayap kanan yang vokal, setelah para kritikus menuduhnya meningkatkan ketegangan selama berminggu-minggu demonstrasi pro-Palestina yang kontroversial dan protes balasan di Inggris.

Viral Bocah Dikabarkan Tenggelam Prank Tim SAR di Brebes, Begini Penjelasan Polisi

Braverman, yang ditunjuk pada jabatan tersebut ketika Sunak menjadi perdana menteri pada 25 Oktober 2022, digantikan oleh Menteri Luar Negeri James Cleverly. Pada gilirannya, pekerjaan lama Cleverly dipercayakan kepada mantan Perdana Menteri David Cameron.

Pemecatan ini terjadi saat Partai Konservatif yang berkuasa mengonfirmasi perombakan besar-besaran terhadap para menteri utama SunK sedang berlangsung.

“Hari ini @RishiSunak memperkuat timnya di pemerintahan untuk memberikan keputusan-keputusan jangka panjang untuk masa depan yang lebih cerah. Nantikan kabar terbaru,” kata partai tersebut di X.

Perubahan lainnya, yang akan diumumkan pada pagi hari, diperkirakan akan memberikan penghargaan kepada para loyalis dan anggota parlemen muda yang baru muncul, setelah hampir 14 tahun berkuasa telah berdampak buruk pada popularitas Partai Konservatif.

Partai tersebut tertinggal dari oposisi utama Partai Buruh dengan selisih dua digit sepanjang masa kekuasaan Sunak dan diperkirakan akan kalah pada pemilu berikutnya.

Kritik demo

Demonstrasi mendukung Palestina.

Photo :
  • AP Photo.

Braverman telah memicu kontroversi selama masa jabatannya, mengambil sikap garis keras khususnya terhadap imigrasi dan sering terlibat dalam apa yang disebut isu perang budaya yang dianggap memecah belah para pemilih.

Tokoh sayap kanan tersebut menyerang para pengkritiknya dengan menyebutnya sebagai “wokrati pemakan tahu” yang liberal, sambil mengatakan tak lama setelah dia dilantik bahwa mengirim pencari suaka ke Rwanda adalah “impian” dan “obsesinya”.

Namun posisinya menjadi semakin tidak dapat dipertahankan setelah pekan lalu dia menulis artikel surat kabar yang meledak-ledak, tampaknya tanpa persetujuan Sunak, dan menuduh polisi bias terhadap kelompok sayap kiri.

Hal ini dipersalahkan karena meningkatkan ketegangan menjelang protes akhir pekan atas perang Israel di Gaza, yang disertai dengan kekerasan oleh kelompok sayap kanan yang kontra-demonstran, dan mendorong seruan agar dia dipecat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya