Deretan Negara Muslim Ini Disebut Bakal Berdamai dengan Israel

menteri luar negeri israel
Sumber :
  • Istimewa

New York – Menteri Luar Negeri Israel, Eli Cohen belum lama ini mengatakan sebanyak enam atau tujuh negara muslim akan berdamai dengan Israel jika negara tersebut menandatangani perjanjian perdamaian dengan Arab Saudi.

Universitas Oxford hingga Cambridge Bergabung dalam Aksi Pro-Palestina

Dilansir Dawn, Selasa, 21 November 2023, Cohen disebut membuat pernyataan itu kepada Kan News setelah pidato Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Majelis Umum PBB. Publikasi tersebut mengutip Cohen yang mengatakan bahwa "perdamaian dengan Arab Saudi berarti perdamaian dengan dunia Muslim yang lebih luas."

VIVA Militer: Menteri Luar Negeri Israel, Eli Cohen

Photo :
  • jta.org
Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

"Setidaknya ada enam atau tujuh negara lain yang saya temui - negara-negara Muslim yang signifikan yang tidak memiliki hubungan dengan kami - yang tertarik [pada perdamaian]," kata Cohen.

Menurut laporan tersebut, Cohen mengatakan negara-negara itu berada di Afrika dan Asia, namun ia menolak menyebutkan namanya. Ia kemudian mengatakan bahwa hanya sedikit yang pernah berhubungan langsung dengannya.

2 Militer Israel Tewas usai Kena Serangan Rudal Hizbullah

Presiden AS Joe Biden berharap untuk mengubah Timur Tengah dan meraih kemenangan diplomatik pada tahun pemilu dengan mendapatkan pengakuan atas negara Yahudi oleh Arab Saudi.

Dalam pidatonya di Majelis Umum PBB, Netanyahu mengaku yakin negaranya berada di titik puncak perdamaian dengan Arab Saudi, dan memperkirakan perdamaian dapat dicapai oleh Biden dan membentuk kembali Timur Tengah.

Di tengah desakan Riyadh dan Washington agar Palestina diikutsertakan dalam diplomasi, Netanyahu mengatakan bahwa Palestina tidak boleh memveto pembuatan kesepakatan regional. Pekan lalu, saat bertemu Biden di New York, Netanyahu mengatakan kesepakatan ambisius yang didukung AS untuk menormalisasi hubungan dengan Arab Saudi mungkin terjadi.

menteri luar negeri kapan israel

Photo :
  • Istimewa

Arab Saudi telah menjadi salah satu pendukung terbesar perjuangan Palestina dan telah berulang kali menyatakan bahwa mereka perlu membentuk negara Palestina sebelum melakukan normalisasi dengan Israel.

Washington telah menekan sekutu tradisionalnya, Riyadh, untuk menandatangani perjanjian normalisasi dengan Israel, yang akan menjadi kemenangan diplomatik terbesarnya di kawasan ini, menyusul perjanjian serupa dengan Uni Emirat Arab, Bahrain dan Maroko, yang dikenal sebagai Abraham Accords.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya