Akibat Gempa, IMF Batalkan Utang Haiti

Haiti Pasca Gempa : Anak-anak
Sumber :
  • AP Photo/Sophia Paris, UN/MINUSTAH

VIVAnews - Dana Moneter Internasional (IMF) membatalkan utang Haiti senilai US$268 juta.

Selain membatalkan utang, IMF juga akan menggelontorkan pinjaman baru senilai US$60 juta untuk mendongkrak sumber-sumber bantuan internasional bagi negara yang hancur karena gempa bumi tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, Rabu, 21 Juli 2010, seperti dikutip dari laman Al Jazeera, dua langkah tersebut akan membantu upaya rekonstruksi Haiti pasca gempa pada 12 Januari lalu.

Gempa tersebut menghancurkan ibukota Port-au-Prince, menewaskan ribuan orang, dan membuat 1,5 juta orang kehilangan tempat tinggal.

Utang baru US$60 juta tersebut berjangka waktu tiga tahun dengan bunga nol persen hingga akhir 2011. Setelah itu, bunga akan tetap rendah.

Pinjaman ini merupakan bagian dari skema yang disepakati Juli lalu.

Direktur IMF untuk Haiti, Corinne Delechat, mengatakan bantuan utang dari IMF tersebut bukan bertujuan untuk membuat Haiti terbelit utang lagi, tetapi untuk membantu bank sentral setempat mengelola volatilitas yang bisa timbul dari bantuan bernilai besar yang mengalir ke Haiti. (umi)

Salurkan Gaji hingga THR PNS, Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 70,7 Triliun
Brandon Salim dan Dhika Himawan

Effort Banget, Begini Proses Lamaran Brandon Salim dan Dhika Himawan yang Penuh Kejutan

Proses kejutan untuk melamar Dhika Himawan cukup panjang, pertama-tama, Brandon Salim meminta restu pada orang tua Dhika Himawan pada 29 Februari 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024