8 Agama Terbesar di Dunia Menurut Jumlah Pengikut, Islam Urutan Berapa?

Ilustrasi agama Indonesia
Sumber :
  • vstory

Jakarta – Agama adalah sistem kepercayaan umat manusia terhadap kekuatan yang lebih tinggi di alam dunia. Agama juga menjadi sistem kepercayaan yang diyakini oleh sebagian besar orang di dunia, tapi tidak sedikit pula mereka yang menganut paham ateisme dan agnostik.

Perekonomian Israel Terjun Bebas Hampir 20 Persen Akibat Perang

Agama juga menjadi keyakinan yang berasal dari sistem budaya dan juga pandangan dunia hingga menghubungkan manusia dengan tatanan kehidupan. Hingga kini, ada ribuan agama dan kepercayaan di dunia ini yang masih diikuti oleh sekelompok orang di semua negara.

Agama-agama tersebut memiliki jumlah pengikut yang beragam, ada yang besar dan ada pula yang sedikit. Tapi, yang sering menjadi penasaran adalah agama terbesar di dunia saat ini. Nah, untuk kamu yang penasaran berikut ulasan selengkapnya yang dilansir dari Worldatlas.

Netanyahu Dicap Jadi Biang Kerok Karena Gencatan Senjata Tak Kunjung Terjadi

8. Yudaisme

VIVA Militer: Bendera Israel

Photo :
  • Moderate Rebels
Putra Altar Ini Malamnya Rayakan Natal, Pagi Sudah Mualaf

Yudaisme atau yang lebih akrab dikenal Yahudi adalah sebuah sistem kepercayaan yang berkembang di wilayah Israel. Inti dari salah satu agama terbesar di dunia ini adalah Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, Yahudi juga menjadi salah satu agama tertua di muka bumi. 

Pada tahun 1300 SM, agama ini didirikan oleh Abraham dengan keturunannya yang kini disebut Yahudi. Mereka meyakini satu Tuhan dan mereka disebut orang Yahudi yang terpisah menjadi majelis trombin Konservatif, Ortodoks, dan Liberal dengan pengikutnya sekitar 14,7 juta orang. 

7. Sikhisme

Kuil Harmandir Sahib (Golden Temple) di India

Photo :
  • http://www.mobgenic.com

Agama terbesar di dunia berikutnya adalah Sikhisme yang berasal dari India. Sistem kepercayaan ini didasarkan pada ajaran Guru Nanak dan Sepuluh Penerusnya. Secara historis, Sikh sudah memainkan peran utama dalam politik regional dan juga memengaruhi selama pemisahan India pada tahun 1947. Pengikutnya saat ini mencapai sekitar 30 juta orang. 

Kepercayaan ini pertama kali muncul di Punjab, India sekitar tahun 1469. Esensi Sikhisme adalah percaya kepada keesaan Tuhan. Agama ini juga meyakini bahwa Tuhan ada dalam setiap ciptaannya termasuk dalam diri manusia. Bahkan, kepercayaan tersebut pernah masuk ke Indonesia pada awal abad ke-19. 

6. Shinto

Kuil Shinto di Jepang.

Photo :
  • Pexels

Melansir dari Medianeliti, agama Shinto muncul pada zaman prasejarah, tapi siapa yang mendirikan agama ini belum diketahui. Penyebaran salah satu agama terbesar di dunia ini berada di wilayah Asia, terutama di Jepang. Agama ini mengajarkan para penganutnya untuk memuja dan berbakti kepada raja. 

Agama ini memadukan antara paham serba jiwa dengan pemujaan pada gejala alam dengan meyakini bahwa semua benda baik hidup atau mati dipandang sebagai ruh atau spirit. Jadi, menurut kepercayaan Shinto, semua benda di dunia ini, pada hakikatnya memiliki ruh, spirit, dan kekuatan yang wajib dihormati. Saat ini, pengikutnya sekitar 104 juta orang. 

5. Agama Tradisional Tionghoa

Ilustrasi Agama Tradisional Tionghoa

Photo :
  • Tangkapan Layar

Pengikut agama tradisional Tionghoa ini berjumlah sekitar 5,50% dari populasi dunia atau setara dengan 394 juta pengikut. Jumlah tersebut sukses menempatkan agama tersebut di peringkat 5 agama terbesar di dunia. Kepercayaan ini merupakan tradisi kepercayaan rakyat yang banyak diyakini oleh masyarakat Tionghoa, khususnya masyarakat Han.

Keyakinan ini tidak memiliki kitab suci resmi, melainkan merupakan gabungan dari berbagai keyakinan atau filosofi, seperti Konfusianisme, Taoisme, dan Buddhisme. Dalam kepercayaan ini terdapat dua ritual penghormatan yang penting, yaitu penghormatan terhadap leluhur dan penghormatan terhadap dewa.

patung Buddha di Maha Vihara Mojopahit

Photo :
  • Anandajoti Bhikkhu/flickr

Dengan satu miliar pengikut, agama Buddha adalah salah satu agama terbesar di dunia, menempati peringkat keempat dalam daftar tersebut. Pada tahun 600 SM, Siddhartha Gautama atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sang Buddha, mendirikan agama ini.

Menjadi agama Dharma yang sama seperti agama Hindu, ajaran dari agama ini berdasarkan pada kehidupan setelah kematian, karma, dan reinkarnasi. Kitab suci dari agama Buddha adalah Tripitaka yang memiliki arti Tiga Keranjang. 

3. Hindu

Upacara Melasti Umat Hindu Bali

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Agama Hindu yang jumlah penduduk penganutnya kurang lebih 15% dari jumlah penduduk dunia atau kurang lebih 1,15 miliar jiwa. Mereka yang menganut agama ini terutama tinggal di Asia Selatan, khususnya di India dan Nepal. Sedangkan Bali merupakan bagian dari provinsi Hindu di Indonesia. Agama ini juga merupakan bentuk kepercayaan tertua di dunia yang dikenal dan masih bertahan hingga saat ini.

Masjidil Haram di Mekkah

Photo :
  • http://www.picturesofislam.com

Keyakinan Islam adalah agama paling populer di dunia, dengan 24,3% atau 1,8 miliar pengikut, sehingga merupakan agama terbesar kedua di dunia. Agama Islam bersumber dari ajaran Nabi sekitar tahun 610 M, umat Islam meyakini Allah SWT sebagai Tuhan Yang Maha Esa, Muhammad sebagai Utusan Allah, Sunnah, dan Al-Quran sebagai landasan agamanya. Dua kategori Muslim, Syiah dan Sunni, diakui di seluruh dunia.

Gereja Katedral Jakarta.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Wilibrodus

Agama terbesar di dunia adalah Kristen, yang memiliki total 2,5 miliar pengikut. Kepercayaan ini mencakup sekitar 33,5 persen populasi dunia. Penekanan agama Kristen adalah pada ajaran Yesus Kristus sebagai jalan menuju kehidupan. Sekarang, Kekristenan terdiri dari berbagai cabang dan denominasi. Tiga komunitas agama terbesar adalah Ortodoksi Timur, Katolik Roma, dan Protestan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya