Tank-tank Israel Masuki Kota Utama Gaza Selatan, Pertempuran Sengit Semalaman Tanpa Jeda

Tank Israel memasuki Gaza selatan, Palestina.
Sumber :
  • AP Photo/Leo Correa.

Gaza Tank-tank Israel pada Minggu, 10 Desember 2023, menuju pusat kota Khan Younis. Ini merupakan taktik serangan baru yang besar, yang akan dilakukan di jantung kota utama di Jalur Gaza selatan. Gaza selatan menampung ratusan ribu warga sipil, yang melarikan diri dari wilayah lain di Palestina.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Warga mengatakan tank-tank tersebut telah mencapai jalan utama utara melalui tengah Khan Younis, dan melakukan pertempuran sengit sepanjang malam. Pesawat-pesawat tempur juga terdengar menggempur daerah sebelah barat Jalur Gaza.

Udara bergemuruh dengan bunyi ledakan yang terus-menerus dan asap putih tebal membubung di atas kota. Saat pagi tiba di dekat kantor polisi pusat kota, suara tembakan senapan mesin terus terdengar.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Gedung-gedung di Gaza hancur akibat serangan Israel.

Photo :
  • AP Photo/Hatem Moussa.

Jalanan di sana sepi, hanya ada seorang wanita tua dan seorang gadis yang menaiki kereta keledai.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

“Itu adalah salah satu malam yang paling mengerikan, perlawanan sangat kuat, kami bisa mendengar suara tembakan dan ledakan yang tidak berhenti selama berjam-jam,” kata ayah dari empat anak yang mengungsi dari Kota Gaza dan berlindung di Khan Younis. Dia menolak disebutkan namanya karena takut akan pembalasan.

“Di Khan Younis, tank mencapai Jalan Jamal Abdel-Nasser yang berada di pusat kota. Penembak jitu mengambil posisi di gedung-gedung di daerah tersebut,” ucapnya, dikutip dari Arab News, Senin, 11 Desember 2023.

Sebagai informasi, Hamas telah memicu konflik dengan serangan paling mematikan terhadap Israel, pada 7 Oktober 2023, yang menewaskan sekitar 1.200 orang, dan 240 sandera dibawa ke Jalur Gaza, menurut data Israel.

Israel merespons dengan serangan militer tanpa henti yang telah menghancurkan sebagian besar Gaza dan menewaskan sedikitnya 17.997 orang, menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya