Ngeri, Terjadi Ledakan di Dekat Kedubes Israel di India

Ilustrasi bom.
Sumber :
  • Pixabay.

New Delhi – Sebuah ledakan terjadi di dekat kedutaan besar Israel di New Delhi, Kementerian Luar Negeri mengatakan dalam sebuah pernyataan. Tidak ada korban luka-luka akibat ledakan tersebut.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Dilansir dari Times of Israel, Rabu, 27 Desember 2023, menyebutkan sebuah surat yang ditujukan kepada duta besar Israel ditemukan di dekat lokasi ledakan. Indian Express melaporkan bahwa surat itu diketik dan "kasar". Tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan.

Ledakan Didekat Kedubes Israel di India

Photo :
  • Istimewa
Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Laporan tersebut mengatakan bahwa para penyelidik sedang bekerja untuk menentukan apakah ada hubungan antara surat tersebut dan ledakan.

Kementerian Luar Negeri mengatakan bahwa para pejabat keamanan Israel bekerja sama dengan pihak berwenang India dalam penyelidikan tersebut. Dalam sebuah wawancara dengan televisi India, juru bicara kedutaan Guy Nir mengatakan bahwa para staf mendengar ledakan dari dalam gedung.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

"Sekitar pukul 17.08, kami mendengar suara ledakan. Kami yakin bahwa itu dekat dan kemudian kami menemukan bahwa itu dekat dengan kedutaan," kata Nir. "Kami memiliki polisi Delhi dan tim keamanan kami di sana yang sedang menyelidiki situasi tersebut."

Wakil Duta Besar Israel untuk India, Ohad Nakash Kaynar, mengatakan kepada Asian News International bahwa tim keamanan Israel "bekerja sama penuh dengan keamanan lokal Delhi dan mereka akan menyelidiki masalah ini lebih lanjut."

Pada tahun 2021, sebuah ledakan di luar kedutaan besar Israel di New Delhi merusak beberapa mobil tetapi tidak menimbulkan korban jiwa, dalam serangan yang menurut India dilakukan oleh cabang Pasukan Quds dari Korps Pengawal Revolusi Islam Iran.

Pada bulan Februari 2012, istri dari atase militer Israel terluka dalam sebuah serangan bom mobil di New Delhi.

Polisi India menyimpulkan bahwa Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) berada di balik pengeboman tersebut, salah satu dari serangkaian percobaan serangan terhadap target-target Israel di seluruh dunia yang dikaitkan dengan Iran pada periode tersebut.

Ledakan pada hari Selasa terjadi sehari setelah seorang perwira senior di IRGC terbunuh dalam sebuah serangan udara yang diduga dilakukan oleh Israel di ibukota Suriah, Damaskus, media Iran melaporkan.

Ledakan Didekat Kedubes Israel di India

Photo :
  • Istimewa

Menurut kantor berita semi-resmi Iran, Tasnim, Brigjen Razi Mousavi tewas dalam serangan di pinggiran kota Damaskus, Sayeda Zeinab. Presiden Iran Ebrahim Raisi bersumpah bahwa Israel "pasti akan membayar kejahatan ini."

Juru bicara utama Pasukan Pertahanan Israel, Laksamana Muda Daniel Hagari, menolak mengomentari laporan tersebut dalam sebuah konferensi pers pada Senin malam.

Meskipun militer Israel biasanya tidak mengomentari serangan-serangan tertentu di Suriah, mereka mengakui telah melakukan ratusan serangan mendadak terhadap kelompok-kelompok teror yang didukung Iran yang mencoba untuk mendapatkan pijakan di negara itu, selama dekade terakhir.

Awal bulan ini, Dewan Keamanan Nasional menegaskan kembali rekomendasinya agar warga Israel mempertimbangkan kembali semua perjalanan ke luar negeri dan meminta mereka yang perlu bepergian ke luar negeri untuk menghindari tampilan luar dari identitas Yahudi dan Israel mereka di tengah meningkatnya antisemitisme di seluruh dunia ketika Israel memerangi kelompok teror Hamas di Gaza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya