Diboikot, Starbucks Kehilangan Rp169 Triliun Sejak 7 Oktober Perang Israel-Hamas

Kedai kopi raksasa Starbucks
Sumber :
  • Students for a Democratic Society

VIVA Dunia – Starbucks Corporation yang berbasis di Seattle, AS dikabarkan telah kehilangan nilai lebih dari $11 miliar atau Rp169 trilium pada kuartal terakhir ini karena boikot solidaritas Palestina dan pemogokan karyawan sejak dimulainya perang Hamas-Israel di Gaza pada 7 Oktober lalu.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Sejak pengumuman skema Starbucks pada pertengahan November, pangsa pasar perusahaan tersebut anjlok sebesar 8,96 persen, menyebabkan kerugian sebesar $11 miliar, yang merupakan kerugian terendah yang pernah merela alami sejak tahun 1992.

Faktor utama kerugian perusahaan-perusahaan barat lainnya, seperti McDonald's dan KFC, adalah karena aksi boikot internasional yang dilancarkan terhadap perusahaan-perusahaan pendukung Israel sebagai bentuk solidaritas terhadap rakyat Palestina.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Starbucks Workers United

Photo :
  • CTV News

Keterpurukan finansial yang dialami Starbucks telah melampaui batas negara karena waralaba mereka di Mesir telah melakukan pengurangan jumlah tenaga kerja akibat dampak boikot tersebut.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Starbucks kemudian menuntut serikat pekerja mereka, Starbucks Workers United, pada bulan Oktober setelah keberatan dengan postingan media sosial mereka sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina, dengan alasan pencurian kekayaan intelektual dan pelecehan terhadap barista di lokasi kedai kopi Starbucks.

“Workers United memposting pernyataan dengan gambar buldoser yang merobohkan sebagian perbatasan Israel dan Gaza, yang mencerminkan dukungan mereka terhadap kekerasan yang dilakukan oleh Hamas,” demikian bunyi catatan perusahaan tersebut, melansir The Cradle, Kamis, 28 Desember 2023.

“Starbucks dengan tegas mengutuk tindakan terorisme, kebencian, dan kekerasan yang dilakukan oleh Hamas, dan kami sangat tidak setuju dengan pandangan yang diungkapkan oleh Workers United.”

Dampak boikot di Asia Barat, dimana sentimen pro-Palestina secara historis kuat, membuat banyak merek barat merasakan dampak buruk dari Maroko, Kuwait, Yordania, dan negara-negara lain, terutama negara mayoritas Muslim.

Kedai kopi raksasa Starbucks

Photo :
  • Students for a Democratic Society

“Skala agresi terhadap Jalur Gaza belum pernah terjadi sebelumnya. Oleh karena itu, reaksinya, baik di negara-negara Arab atau bahkan secara internasional, belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Hossam Mahmoud, anggota gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS) yang berbasis di Mesir.

Pada musim liburan ini, raksasa kedai kopi tersebut mencoba bangkit kembali dari kerugian dengan gimmick musim liburan “Hari Piala Merah” yang memungkinkan konsumen menerima cangkir liburan gratis yang dapat digunakan kembali pada setiap pembelian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya