Ini Dia Wanita Pertama Pengidap Down Syndrome yang Hafal Alquran 30 Juz

Penghafal Alquran seorang down syndrome
Sumber :
  • kawan hawa

VIVA Trending – Media sosial baru-baru ini dikejutkan oleh sebuah postingan penuh inspirasi yang datang dari salah satu penderita down syndrome asal Yordania. Dia adalah Rawwan Dweik, wanita pertama asal Yordania yang berhasil tuntaskan hafalan Alquran sebanyak 30 juz dengan segala keterbatasan yang dimilikinya.

Pinjam Uang di Bank Syariah Apakah Riba? Ini Penjelasan Buya Yahya

Kemampuannya menghafal kitab suci Alquran 30 juz ini ternyata membutuhkan waktu bertahun-tahun, tepatnya 7 tahun lamanya.

“Ketika saya melahirkannya dan mengetahui bahwa dia menderita down syndrome, dan seperti ibu lainnya, saya merasa sedih dan sedih, tetapi saya sangat mencintainya, dan saya berazzam kepada Allah bahwa saya akan mengajarinya membaca al-Quran, “ kata Ibu Rawwan, Awatef Jaber dikutip VIVA.co.id akun twitter @doamuslims pada Rabu 27 Desember 2023.

Viral Seorang Pria Jadi Mualaf Setelah Lakukan Hal Unik Ini di Masjid

Menurut Awatef Jaber,  Rawwan yang mengalami kondisi sindrom down menemaninya sepanjang hidupnya. Namun, tak henti-hentinya ia mengatakan, “Alquran adalah hidupku dan hidupku.”

Terpopuler: Pembakar Alquran Dikabarkan Tewas, Wanita Mualaf Meninggal hingga Pakistan Geser RI

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa Rawwan adalah anak yang sangat cerdas. Dan saat dirinya mulai merasakan merasakan kecerdasan yang ada pada diri Rawwan, dia mulai mengajarinya surah-surah terpendek, dan dia mampu menghafal dengan sangat cepat.

“Jadi saya mendaftarkannya di sekolah ketika dia berusia 6 tahun, dan dia unggul di dalamnya,” katanya dari salah satu sumber.

Meskipun dengan kondisi Down Syndrome yang dimiliki Rawwan Dweik, 26 tahun, dari Yordania tak membuatnya menyerah untuk mampu menghafal seluruh isi Al-Qur’an 30 Juz. Bahkan, katanya ia juga menjadi orang pertama di dunia yang menderita Down Sindrom namun dapat menghafal Kitab Suci Alquran.

Cara Rawwan Menghafal

Sang ibu juga mengatakan,  bahwa Rawwan melakukan hafalan dengan cara menulis. Menurut ibunya, Rawwan menghafal Surat al-Baqarah dalam waktu satu setengah tahun.

‘Dan ketika dia keluar dari ujian, dia bersujud syukur kepada Allah,” katanya. “sepanjang menghafal Surat Al-Baqarah, Rawwan bermimpi bahwa dia mengenakan gaun pengantin, dan dia mengatakan itu kepada saya, dan saya mengatakan kepadanya, Insya Allah, ibu saya akan berada di surga, dan ketika saya hafal Surat Al-Baqarah, saya memutuskan untuk memakaikannya gaun pengantin pada hari kehormatan, dan dia memenuhi mimpinya,” tambah Awatef Jaber.

Reaksi Warganet

Sosok Rawan Dweik yang mampu menghafal Alquran 30 juz ini sontak menuai decak kagum warganet di media sosial, menilik unggahan Instagram @kawanhawa.

"Dia yang Udah dijamin masuk Syurga, tetap mau ambil juga syurga jalur Hafidz Kenapa diri ini gak Sadar sadar ya rabb," tulis warganet.
 "Masha Allah double2 istimewanya anak surga, berkah sekali buat orang tuanya," tulis lainnya.

"Masyaa Allah insecure yg sesungguhnya," tandas pengguna lainnya.

"Subhanallah...... Callon istri soleha dan penghuni surga," timpal lainnya.

"Masya Allah. Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimush sholihaat. Barakallah fiikum," tulis lainnya.

"Udahla dia anak surga tanpa hisab. Tpi diperkuatnya lagi jalan orang tua nya untuk masuk ke surga nya Allah masyaallah," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya