Geger, Lansia di Negara Maju Ini Banyak yang Lakukan Tindakan Kriminal

Jalanan sepi, Warga Jepang memilih diam di rumah selama ada Topan Hagibis
Sumber :
  • VIVAnews/Andy Lala

Tokyo –  Jepang saat ini menjadi negara dengan populasi lanjut usia (lansia) yang banyak dan terlibat aksi kriminalitas. Bahkan, jumlah lansia di Negara Sakura itu telah meningkat drastis. Tingginya harapan hidup di sana, memicu fenomena lansia menjadi kriminal.

5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia,Tegal Termasuk?

Dilansir The Economist, Kamis, 28 Desember 2023, Angka harapan hidup di Jepang mencapai 83 tahun atau di atas rata-rata dunia 73 tahun, dan ke empat di belakang Monaco, Hong Kong, dan Macau. Terlebih, Badan Pusat Statistik Jepang mencatat pada 2021 terdapat 36,3 juta atau 28,95% warga berusia 65 tahun ke atas. B

Seorang warga melihat papan bursa saham di Jepang

Photo :
  • CNBC
Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Berarti, tiap empat orang ada satu lansia di sana. Bahkan, 90 ribu centenarian atau manusia langka berumur 100-an tahun ada di Jepang. Proporsinya menjadi rekor tertinggi di dunia, yakni per 100.000 orang terdapat 54 centenarian.

Kehidupan masa tua di Jepang tidak diiringi dengan kualitas hidup yang membaik. Saat mereka tak lagi produktif, lansia ini dihadapkan pada mahalnya biaya hidup, tingginya biaya layanan kesehatan, serta jeratan kesepian akibat ditinggal keluarga.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Kondisi itu membuat mereka berlaku kriminal. Jumlah pelaku kriminal di atas usia 65 tahun telah meningkat lebih dari dua kali lipat selama 20 tahun terakhir. Secara persentase, sebagaimana dilaporkan Reuters, jumlah ini meningkat 7% dari satu dekade sebelumnya.

Pada 2006 misalnya, The Guardian melaporkan bahwa tahanan berusia 60 tahun ke atas berjumlah 28.892 orang atau 12% dari keseluruhan tahanan berjumlah 80.000. Angka ini meningkat drastis dari tahun 2000 yang hanya 9.478 orang.

Menurut BBC International, para lansia menganggap penjara adalah tempat menyambung hidup terbaik. Di balik jeruji besi, mereka bisa memperoleh tempat tinggal, mendapat layanan kesehatan 24 jam, dan terpenting, kebutuhan hidup dasar dapat terpenuhi.

Memang, mereka tidak mendapat kebebasan. Tapi, di penjara, warga dijamin pemerintah. Contoh kasus, seorang kakek berusia 64 tahun bernama Toshio Takata. Ia secara sengaja ingin dipenjara.

Toshio awalnya seorang pensiunan yang tinggal seorang diri. Namun, uang pensiun yang didapat tak bisa menutupi besarnya biaya hidup.

Setelah kocar-kacir cari nafkah dan gagal, Toshia putus asa dan punya rencana cerdik. Dia ingin mencuri sepeda, lalu secara sukarela menyerahkan diri kepada polisi. Sekali waktu, dia sungguh melakukan itu dan berhasil.

"Lihat, saya mengambil sepeda ini," katanya kepada polisi, saat menceritakan ulang ke BBC International.

Suasana Shibuya Scramble Crossing, Tokyo, Jepang, di malam hari.

Photo :
  • Kemenag RI

Meski tergolong kecil, polisi sangat serius menindaknya. Hasilnya pun sesuai harapan sang kakek di mana ia dipenjara setahun. "Saya bisa makan dan tinggal secara gratis," kata Toshio tanpa rasa bersalah.

Setelah setahun dan bebas, Toshio malah ketagihan hidup di penjara. Dia lagi-lagi punya rencana jahat dan berhasil ditindak.

Kali ini dia super bahagia karena bisa menghabiskan waktu di penjara lebih lama. Di hukuman kedua, polisi menghukumnya delapan tahun penjara karena melakukan pengancaman dengan senjata.

"Saya menyukai karena bisa tinggal gratis. Bahkan setelah keluar nanti, saya punya uang banyak karena dana pensiun saya tidak terpakai oleh kebutuhan di rumah," ujar kakek berusia 64 tahun itu.

Jika kasus Toshio didasarkan pada masalah finansial, maka kasus yang menjerat para perempuan lansia lain cerita. Perlu diketahui, mayoritas tahanan lansia adalah perempuan.

Kantor berita NHK menulis mayoritas kasus para nenek itu 90% adalah pencurian. Mereka secara sukarela masuk penjara karena kesepian, bisa karena ditinggal keluarga atau cerai.

Ambil contoh cerita Takako Suzuki. Perempuan berusia 76 tahun itu rela masuk penjara karena menganggap hidupnya di sana bisa bahagia.

Sebelum menjadi terdakwa, Takako punya suami dan dua anak yang sudah bekerja. Kesibukan anaknya dan suami yang sudah tiada membuat dia merasa kesepian, yang membuatnya nekat melakukan aksi pidana dan mencapai yang dia inginkan, yakni masuk penjara.

Saat ditahan, polisi mendiagnosis dia terkena demensia, sehingga dia dibebaskan setelah enam hari ditahan. Namun, setelahnya dia justru kembali ingin masuk penjara dengan mencuri.

Kepada NHK, Takako cerita saat di penjara kualitas hidupnya meningkat. Dia tak lagi kesepian, bisa ngobrol bareng tahanan lain, melakukan kegiatan keterampilan, dan mendapat pengobatan fisioterapi secara gratis. "Saya lebih baik dan suka di sini. Sangat senang," kata Takako.

Kisah Toshio dan Takako berujung pada lahirnya 'lingkaran setan' yang tak berujung. Dalam laporan The Economist lagi, Jepang awalnya cukup keras terhadap narapidana.

Namun, karena beberapa tahun terakhir mayoritas diisi tahanan lansia, maka pemerintah melunak. Mereka kemudian menjadikan penjara sebagai rehabilitasi.

Masalahnya, dengan pola pikir "penjara membawa kesejahteraan", para lansia malah betah dan menganggap penjara sebagai panti jompo. Akibatnya, kasus ini pun tak akan selesai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya