Apa Itu Mahkamah Internasional, Tempat Israel Akan Disidang Perkara Genosida?

International Court of Justice atau Mahkamah Internasional (ICJ)
Sumber :
  • ICJ

VIVA Dunia – Sidang dengar pendapat publik selama dua hari mengenai kasus genosida Israel yang diajukan oleh Afrika Selatan dimulai di Mahkamah Internasional (ICJ) pada hari Kamis, 11 Januari 2024, seiring dengan harapan para aktivis pro-Palestina agar Mahkamah Internasional dapat menghentikan kampanye militer Israel yang menghancurkan di Gaza. 

Staf Internasional PBB Tewas Diserang Tentara Israel di Jalur Gaza, Satu Luka-luka

Kasus yang diajukan oleh Afrika Selatan ini menjadi preseden pertama di ICJ terkait dengan pengepungan di Jalur Gaza, di mana lebih dari 23.000 orang telah terbunuh sejak 7 Oktober, hampir 10.000 di antaranya adalah anak-anak. 

Namun, tak banyak yang tahu, apa sebenarnya Mahkamah Internasional atau ICJ itu.

Netanyahu: Perang Bisa Berakhir Besok Jika Hamas Meletakkan Senjatanya dan Menyerah

Mahkamah Internasional di Den Haag Belanda

Photo :
  • UN.org

Apa Itu Mahkamah Internasional?

Persiapan Nurul Ghufron Jalani Sidang Etik di Dewas KPK Hari Ini: Sarapan dan Baca Doa

Melansir web resmi United Nations, International Court of Justice atau Mahkamah Internasional, yang terletak di Istana Perdamaian di Den Haag, Belanda, didirikan pada tahun 1945 sebagai cara untuk menyelesaikan perselisihan antar negara. Pengadilan juga memberikan pendapat penasehat mengenai pertanyaan-pertanyaan hukum yang telah dirujuk oleh badan-badan resmi PBB lainnya.

Dikenal luas sebagai 'Pengadilan Dunia', ICJ adalah salah satu dari enam “organ utama” Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang kedudukannya sama dengan Majelis Umum, Dewan Keamanan, Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC), dan Dewan Perwalian. dan Sekretariat, dan satu-satunya yang tidak berlokasi di New York.

Berbeda dengan Mahkamah Kehakiman Uni Eropa, ICJ bukanlah mahkamah agung yang dapat diadili oleh pengadilan nasional: ICJ hanya dapat mengadili suatu perselisihan jika diminta oleh satu atau lebih sebuah negara.

Pengadilan ini terdiri dari 15 hakim, semuanya dipilih untuk masa jabatan sembilan tahun oleh Majelis Umum dan Dewan Keamanan PBB. Pemilihan diadakan setiap tiga tahun untuk memperebutkan sepertiga kursi, dan hakim yang pensiun dapat dipilih kembali. Anggota Pengadilan tidak mewakili pemerintah mereka tetapi merupakan hakim independen, dan hanya ada satu hakim dari negara mana pun di Pengadilan.

Kasus terbuka dengan para pihak mengajukan dan bertukar pembelaan yang berisi pernyataan rinci tentang fakta dan hukum yang menjadi sandaran masing-masing pihak, dan fase lisan yang terdiri dari dengar pendapat publik di mana agen dan penasihat hukum menyampaikan pidato di Pengadilan.

Negara-negara yang terlibat menunjuk seorang agen untuk membela kasus mereka, seseorang yang memiliki hak dan kewajiban yang sama sebagai pengacara di pengadilan nasional. Kadang-kadang, seorang politisi terkemuka mungkin membela negaranya, seperti dalam kasus Gambia/Myanmar tahun 2020.

Setelah tahap ini, hakim berunding di depan kamera (secara pribadi, di balik pintu tertutup), dan kemudian Pengadilan menyampaikan putusannya. Lamanya waktu yang dibutuhkan bisa berkisar dari beberapa minggu, hingga beberapa tahun.

Kasus apa saja yang bisa diajukan ke Pengadilan?

Markas PBB (Palais des Nations), salah satu ikon kota Jenewa.

Photo :

Pengadilan dapat memutuskan dua jenis kasus: “kasus kontroversial” adalah perselisihan hukum antar Negara; dan “proses penasehatan” adalah permintaan pendapat penasehat mengenai pertanyaan-pertanyaan hukum yang dirujuk oleh badan-badan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan badan-badan khusus tertentu.

Kasus yang diajukan oleh Afrika Selatan terhadap Israel pada tanggal 29 Desember tahun lalu adalah pertama kalinya sebuah kasus kontroversial diajukan terhadap Israel di ICJ (pendapat penasihat tahun 2004 menemukan bahwa pembangunan tembok yang dibangun oleh Israel di Wilayah Pendudukan Palestina, termasuk di dan sekitar Yerusalem Timur, dan rezim yang terkait dengannya, bertentangan dengan hukum internasional).

Afrika Selatan berpendapat bahwa “tindakan dan kelalaian Israel bersifat genosida, karena tindakan tersebut dilakukan dengan maksud khusus untuk menghancurkan warga Palestina di Gaza sebagai bagian dari kelompok nasional, ras, dan etnis Palestina yang lebih luas”.

Afrika Selatan berupaya untuk mendirikan yurisdiksi Pengadilan tersebut atas Konvensi Genosida PBB tahun 1948, yang mana kedua negara merupakan pihak yang menandatanganinya. Israel menolak tuduhan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya