Pertama Kalinya Sejak 2020, Korut Izinkan Turis Asal Rusia Kunjungi Pyongyang

Gedung Pemerintah Korut di Pyongyang
Sumber :
  • Pixabay

Pyongyang – Sebuah kelompok wisatawan dari Rusia siap menjadi wisatawan pertama, yang diizinkan masuk ke Korea Utara, sejak penguncian perbatasan anti-pandemi dimulai di Pyongyang, pada awal tahun 2020. Hal itu diketahui melalui sebuah postingan dari otoritas provinsi Rusia dan seorang pemandu wisata Barat.

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

Korea Utara menerapkan beberapa kontrol perbatasan yang paling ketat di dunia selama penyebaran COVID-19, dan belum sepenuhnya membuka kembali akses bagi orang asing.

Aktivitas warga di sekitar Stasiun Pyongyang, Korea Utara.

Photo :
  • AP Photo/Jon Chol Jin
Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Perjalanan tersebut, yang diiklankan oleh sebuah lembaga yang berbasis di Vladivostok, diatur ketika Gubernur wilayah timur Rusia, Primorsky Krai, yang berbatasan dengan Korea Utara, mengunjungi Pyongyang untuk melakukan pembicaraan pada bulan Desember, menurut pemerintah daerah dalam sebuah postingan di Telegram minggu ini.

Tur empat hari tersebut akan berangkat pada 9 Februari dan mencakup pemberhentian di Pyongyang dan resor ski, menurut rencana perjalanan online.

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Simon Cockerell, manajer umum Koryo Tours yang berbasis di Beijing, yang tidak terlibat dalam perjalanan tersebut, mengatakam bahwa mitranya di Korea Utara telah mengonfirmasi kunjungan Rusia akan dilakukan dalam keadaan khusus.

“Ini merupakan pertanda baik, namun saya ragu untuk mengatakan bahwa hal ini akan mengarah pada pembukaan yang lebih luas karena keadaan khusus untuk perjalanan kali ini,” katanya, dikutip dari NDTV, Jumat, 12 Januari 2024.

“Tetapi mengingat tidak ada wisatawan yang berkunjung selama lebih dari empat tahun, perjalanan wisata apa pun dapat dipandang sebagai langkah maju yang positif.”

Sebelumnya, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah bertemu dalam pertemuan puncak di Rusia timur pada September lalu, di mana mereka berjanji memperdalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, dan militer meskipun ada sanksi internasional.

Kebersamaan Vladimir Putin dan Kim Jong Un

Photo :

Pariwisata sebagian besar tidak terpengaruh oleh resolusi Dewan Keamanan PBB, yang membatasi bisnis dengan Korea Utara terkait program senjata nuklir dan rudal balistiknya.

Setahun sebelum pandemi dimulai, Korea Utara mengalami lonjakan wisatawan Tiongkok yang mungkin telah memberikan pendapatan tambahan hingga US$175 juta atau setara dengan Rp2,7 triliun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya