Korea Utara Sukses Uji Coba Rudal Hipersonik, Ini Kelebihannya

Ilustrasi rudal Korea Utara
Sumber :
  • KCNA via AP

VIVA Dunia –  Korea Utara baru-baru ini berhasil melakukan uji coba peluncuran rudal dengan kemampuan bermanuver hipersonik yang dilakukan pada Minggu 14 Januari 2024. Uji coba rudal berbahan bakar padat ini dilakukan oleh militer Korea Utara yang dilengkapi dengan hulu ledak berkemampuan tinggi.

Hizbullah Tembakan Puluhan Rudal ke Pemukiman di Perbatasan Israel

Melansir laman Reuters yang mengutip kantor berita negara KCNA, bahwa peluncuran tersebut sengaja dilakukan untuk menguji perforam dari rudal itu sendiri. Dalam hal ini Korut mengklaim, bahwa uji coba itu tidak menimbulkan ancaman keamanan bagi negara-negara tetangga.

Di sisi lain, militer Korea Selatan mengkritik peluncuran tersebut sebagai pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

“Provokasi langsung oleh Korea Utara akan ditanggapi dengan respons yang sama besarnya,” kata militer Korea Selatan dalam sebuah pernyataan, dikutip VIVA pada Selasa, 16 Januari 2024.

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Lantas, adakah kelebihan yang menarik dari rudal hipersonik Korea Utara ini? Scroll untuk baca selengkapnya berikut ini dilansir dari berbagai sumber.

Miliki kecepatan hingga 6.200 km per jam

Menurut Reuters, rudal hipersonik biasanya meluncurkan hulu ledak yang melaju dengan kecepatan lebih dari lima kali kecepatan suara atau sekitar 6.200 km per jam, seringkali bermanuver di ketinggian yang relatif rendah.

Terlepas dari namanya, para analis mengatakan fitur utama senjata hipersonik bukanlah kecepatan – yang terkadang dapat ditandingi atau dilampaui oleh hulu ledak rudal balistik tradisional – namun kemampuan manuver.

Uji coba rudal hipersonik pertama Korea Utara pada tahun 2021 menampilkan hulu ledak berbentuk pesawat layang, sementara peluncuran pada tahun 2022 menggunakan apa yang menurut para pejabat dan analis militer Korea Selatan sebenarnya adalah kendaraan masuk kembali bermanuver (MaRV) berbentuk kerucut, atau hulu ledak rudal balistik. mampu bermanuver untuk memukul rudal. target.

Ilustrasi ledakan rudal.

Photo :

Media pemerintah Korea Utara mengatakan uji coba pada hari Minggu bertujuan untuk memeriksa keandalan mesin bahan bakar padat multi-tahap baru dengan daya dorong tinggi dan hulu ledak hipersonik jarak menengah yang dapat bermanuver.

Menggabungkan kendaraan peluncuran dengan rudal yang dapat meluncurkannya sebagian ke orbit – yang disebut sistem pemboman orbital fraksional (FOBS) – dapat menghilangkan waktu reaksi musuh dan mekanisme pertahanan tradisional.

Sebaliknya, rudal balistik antarbenua (ICBM) membawa hulu ledak nuklir pada lintasan balistik yang bergerak ke luar angkasa namun tidak pernah mencapai orbit.

Meniru Teknologi Tiongkok

Tiongkok meluncurkan roket yang membawa kendaraan luncur hipersonik yang terbang melintasi ruang angkasa pada tahun 2021, mengelilingi dunia sebelum meluncur menuju sasarannya, namun meleset sekitar dua puluh mil.

Awal tahun itu, Rusia berhasil menguji rudal jelajah hipersonik Tsirkon (Zirkon), yang disebut-sebut oleh Presiden Vladimir Putin sebagai bagian dari sistem rudal generasi baru. Moskow juga menguji senjata tersebut dari kapal selam dan fregat untuk pertama kalinya.

Amerika Serikat mengatakan pada bulan September 2021 bahwa mereka telah menguji senjata hipersonik yang dapat bernapas di udara – yang berarti senjata tersebut dapat terbang sendiri melalui atmosfer seperti rudal jelajah – menandai keberhasilan uji coba pertama senjata kelas tersebut sejak tahun 2013.

Akselerasi dengan Teknologi Militer Lainnya

Pada pertemuan penting Partai Pekerja pada bulan Januari 2021, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyebut pengamanan senjata hipersonik sebagai salah satu dari lima tugas utama dalam rencana lima tahun untuk meningkatkan kekuatan militer, bersamaan dengan pengembangan ICBM berbahan bakar padat dan kapal selam nuklir. 

Sebagai Senjata Strategis

Korea Utara menembakkan rudal hipersonik pertamanya pada bulan September 2021, menyebutnya sebagai “senjata strategis” yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan pertahanannya, meskipun beberapa analis Korea Selatan menggambarkan uji coba tersebut sebagai sebuah kegagalan.

Pada bulan Januari 2022, para pejabat Seoul melaporkan bahwa Korea Utara sedang menguji coba rudal hipersonik lainnya yang terbang pada ketinggian yang relatif rendah dengan kecepatan hingga 10 kali kecepatan suara (12.348 kmh/7.673 mph). Peluncuran pada hari Minggu melibatkan rudal pertama Pyongyang yang ditenagai bahan bakar padat yang akan memfasilitasi peluncuran lebih cepat dengan sedikit persiapan. Selama perjalanan yang jarang terjadi ke Rusia pada September lalu, Kim memeriksa rudal hipersonik Moskow, dan juga senjata lainnya. 

Bisa Unggul dalam Perlombaan Militer di Asia 

Dorongan global terhadap senjata hipersonik adalah bagian dari perlombaan senjata di mana negara-negara kecil di Asia berupaya mengembangkan rudal jarak jauh yang canggih bersama dengan kekuatan militer besar. Senjata hipersonik dan FOBS dapat menjadi perhatian karena berpotensi menghindari perisai rudal dan sistem peringatan dini.

“Korea Utara tampaknya mencoba mengembangkan rudal hipersonik dan rudal balistik jarak menengah berdasarkan penguat roket propelan padat,” kata Chang Young-keun, seorang profesor di Korea Aerospace University. “Khususnya, rudal hipersonik jarak menengah hingga jarak jauh akan berguna untuk menyerang Guam sambil menghindari sistem pertahanan rudal AS.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya