Menteri Keuangan Bezalel Smotrich Sebut Israel Akan Memerintah di Palestina

Menteri Keungan Israel (Doc: The New Arab)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Tel Aviv – Menteri Keuangan Israel, Bezalel Smotrich mengatakan pada Sabtu malam, 27 Januari 2024, bahwa akan ada kekuasaan militer Israel di Gaza setelah Tel Aviv mengakhiri perangnya di wilayah kantong Palestina.

Israel Bombardir Rafah, Puluhan Warga Gaza Tewas

“Akan ada pemerintahan militer di Gaza sehari setelah perang. Kami (kabinet Israel) sepakat bahwa kami harus tetap berada di Gaza,” kata Smotrich, dikutip dari The New Arab, Senin, 29 Januari 2024.

VIVA Militer: Tank tempur militer Israel di Jalur Gaza, Palestina

Photo :
  • npr.org
AS dan Israel Kembali Berdiskusi Tentang Evakuasi di Gaza Selatan

“Saya telah mengatakan kepada semua orang di Kabinet Menteri Urusan Politik dan Keamanan bahwa saya tidak menentang masuknya partai moderat (untuk memerintah Gaza), tapi tidak ada partai seperti itu,” lanjutnya.

“Terserah kami atau Hamas dan kami berkomitmen untuk menghancurkan Hamas serta kemampuan militer dan sipil Hamas.”

TNI AL Kembali Diperkuat 2 Kapal Perang PC 40 Terbaru Buatan Dalam Negeri

Smotrich lebih lanjut mengatakan bahwa dia dan kabinet Israel menentang penyerahan bantuan kepada warga Palestina di Gaza ke tangan UNRWA, dengan mengatakan bahwa seharusnya Israel yang mengontrol distribusi semua bantuan ke dalam dan di antara wilayah Palestina.

“Saya mendukung pengelolaan upaya kemanusiaan secara berbeda, dengan cara yang tidak menjangkau Hamas dan tidak membuat warga sipil bergantung padanya. Satu-satunya cara untuk melakukan hal itu adalah dengan membiarkan tentara Israel mengendalikan apa yang terjadi di Jalur Gaza,” ucapnya.

Menteri tersebut juga menolak menjawab pertanyaan apakah ia menganggap pengembalian sandera lebih penting daripada melenyapkan Hamas, dengan mengatakan, “Kami mempunyai kewajiban untuk menghancurkan Hamas dan memastikan mereka tidak kembali”.

Namun, pemimpin Partai Zionis Religius yang fasis sekali lagi menyatakan penolakannya terhadap perjanjian damai dengan Hamas, yang akan menjamin pembebasan sandera Israel, dan mengisyaratkan bahwa ia memprioritaskan perang daripada kepulangan mereka dengan selamat.

“Siapapun yang menatap mata anda dan mengatakan kami akan membawa kembali semua sandera hidup-hidup, dia berbohong kepada anda,” klaim Smotrich.

VIVA Militer: Penduduk Gaza, Palestina, korban serangan militer Israel

Photo :
  • wsj.com

Awal bulan ini dan tahun lalu, Smotrich mendapat kecaman dari seluruh dunia setelah ia berulang kali mengusulkan pembersihan etnis terhadap penduduk Palestina di Gaza.

Dalam kapasitasnya sebagai menteri keuangan, Smotrich juga telah memblokir dana pajak yang penting untuk mencapai Gaza, sehingga menambah bencana kemanusiaan yang disebabkan oleh perang Israel di jalur tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya