Ini 9 Negara yang Hentikan Pendanaan Ke Badan PBB Palestina UNRWA Usai Dituduh Terlibat Hamas

UNRWA
Sumber :
  • Ahram

VIVA – The UN Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East atau Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA) mengalami pemotongan dana dari beberapa negara-negara Barat yang mendanai badan tersebut, setelah beberapa stafnya dituduh oleh Israel terlibat dalam serangan Hamas pada 7 Oktober lalu. 

Setiap 10 Menit Satu Anak Terbunuh di Gaza, Menurut Laporan UNRWA

Pekerjaan UNRWA tidak dapat terlaksana tanpa kontribusi berkelanjutan dari negara-negara di seluruh dunia dan Uni Eropa, yang mewakili 94,9 persen dari seluruh kontribusi pada tahun 2022, kata badan tersebut. 

UNRWA

Photo :
  • Al Jazeera
Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Pada tahun 2022, 44,3 persen dari total janji badan tersebut, atau $1,17 miliar, berasal dari negara-negara anggota UE, yang menyumbang $520,3 juta, termasuk dana yang dialokasikan oleh lembaga tersebut melalui Komisi Eropa, melansir AP News, Senin, 29 Januari 2024.

Amerika Serikat, Jerman, Uni Eropa, dan Swedia merupakan donor individu terbesar pada tahun tersebut, menyumbang 61,4 persen dari keseluruhan pendanaan lembaga tersebut.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Gelombang penangguhan pendanaan dimulai di AS pada hari Jumat, tepat setelah penyelidikan diumumkan. 

Kanada, Australia, Inggris, Jerman, Italia, Belanda, Swiss dan Finlandia bergabung dengan Washington dalam dua hari terakhir. 

Berikut adalah pernyataan negara-negara yang telah menghentikan pendanaan mengenai tuduhan tersebut: 

Australia

Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong mengatakan pada hari Sabtu bahwa meskipun UNRWA memberikan pekerjaan penting dan menyelamatkan nyawa Brisbane akan untuk sementara menghentikan pencairan dana baru-baru ini. 

"Kami menyambut baik tanggapan langsung UNRWA, termasuk mengakhiri kontrak dan meluncurkan penyelidikan,” katanya di platform media sosial X (sebelumnya Twitter). 

Kanada

Menteri Pembangunan Internasional Kanada Ahmed Hussen pada hari Jumat mengumumkan bahwa Ottawa telah “untuk sementara menghentikan pendanaan tambahan untuk UNRWA sementara negara tersebut melakukan penyelidikan menyeluruh atas tuduhan ini”. 

Finlandia

Finlandia memiliki perjanjian empat tahun untuk menyediakan lima juta euro ($5,4 juta) setiap tahunnya kepada UNRWA. 

Mereka menangguhkan pembayarannya dan menyerukan penyelidikan independen dan menyeluruh, dalam sebuah pernyataan dari kementerian luar negerinya. "Kita harus memastikan bahwa tidak satu euro pun uang Finlandia disalurkan ke Hamas atau teroris lainnya,” kata mereka. 

Jerman

Jerman mengumumkan pada hari Sabtu bahwa mereka juga menangguhkan pendanaan. Selama tuduhan tersebut belum diselesaikan, 

"Jerman, berdasarkan perjanjian dengan negara-negara donor lainnya untuk saat ini akan menahan persetujuan untuk sumber daya lebih lanjut," kata pernyataan Kementerian Luar Negeri. 

Italia

Menteri Luar Negeri Italia Antonio Tajani mengatakan pihaknya bergabung dengan kelompok yang menghentikan pendanaan kepada UNRWA. 

"Kami berkomitmen memberikan bantuan kemanusiaan kepada penduduk Palestina sekaligus melindungi keamanan Israel,” tambahnya. 

Swiss

Swiss telah memberikan kontribusi tahunan sekitar 20 juta franc Swiss ($23 juta) kepada UNRWA. Pernyataan Kementerian Luar Negeri pada hari Sabtu mengatakan bahwa tidak ada keputusan yang akan diambil mengenai pembayaran tahun 2024 sampai tuduhan tersebut diklarifikasi. 

"Swiss tidak menoleransi segala bentuk dukungan terhadap terorisme, dan seruan kebencian atau hasutan untuk melakukan kekerasan,” tambahnya.

Belanda

Menteri Perdagangan dan Pembangunan Belanda Geoffrey van Leeuwen mengumumkan pembekuan pendanaan untuk UNRWA sementara penyelidikan sedang berlangsung, dan mengatakan bahwa pemerintah “sangat terkejut”. 

"Tuduhannya adalah serangan itu dilakukan pada tanggal 7 Oktober dengan dana PBB, dengan uang kami,” katanya kepada lembaga penyiaran publik NOS pada hari Sabtu. 

Inggris

Pemerintah Inggris mengatakan pihaknya terkejut dengan tuduhan yang dilontarkan Israel kepada UNWRA dan akan "menghentikan sementara pendanaan di masa depan" sementara Kementerian Luar Negeri Inggris berkata akan mengkaji klaim tersebut. 

UNRWA

Photo :
  • The Hill

Amerika Serikat

Departemen Luar Negeri AS pada hari Jumat menangguhkan pembayaran dan menyambut baik pengumuman PBB mengenai penyelidikan atas tuduhan tersebut

Pernyataan tersebut menyerukan “akuntabilitas penuh bagi siapa pun yang berpartisipasi dalam serangan keji tersebut”. Laporan tersebut juga menggarisbawahi bahwa 

"UNRWA memainkan peran penting dalam memberikan bantuan yang menyelamatkan nyawa warga Palestina, termasuk makanan penting, obat-obatan, tempat tinggal, dan dukungan kemanusiaan penting lainnya.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya