Joe Biden Jadi Presiden AS Pertama yang Disidang Atas Kasus Genosida Palestina

VIVA Militer: Presiden Amerika Serikat, Joe Biden
Sumber :
  • nationalreview.com

VIVA Dunia – Sebuah kasus perdata yang menuduh Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan pejabat senior Amerika lainnya terlibat dalam “genosida” Israel di Gaza telah dimulai di pengadilan federal di California pekan lalu,

Universitas Oxford hingga Cambridge Bergabung dalam Aksi Pro-Palestina

Pengacara yang mewakili Biden, Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin, menghadiri persidangan hari Jumat bersama dengan penggugat yang menuduh mereka “gagal mencegah dan terlibat dalam genosida yang sedang berlangsung di pemerintah Israel”, melansir Time, Selasa, 30 Januari 2024.

Center for Constitutional Rights (CCR), sebuah kelompok kebebasan sipil Amerika, mengajukan gugatan atas nama organisasi hak asasi manusia, Defense for Children Palestine Al-Haq, sebuah kelompok hak asasi manusia Palestina yang berbasis di Tepi Barat yang diduduki dan delapan warga Palestina dan AS yang memiliki kerabat di Gaza.

AS dan Israel Kembali Berdiskusi Tentang Evakuasi di Gaza Selatan

VIVA Militer: Anthony Blinken dan Benjamin Netanyahu

Photo :
  • reuters.com

Selama sidang pekan lalu, pengadilan mendengar dari para pengacara, aktivis dan penyelenggara, termasuk dokter di Gaza, tentang situasi yang dihadapi warga Palestina selama hampir empat bulan.

Usai Cerai dari Ria Ricis, Teuku Ryan Harus Nafkahi Moana Rp10 Juta per Bulan

Pengaduan CCR pertama kali diajukan pada bulan November tahun lalu dan mengatakan bahwa Biden, Blinken, dan Austin “tidak hanya gagal menjunjung kewajiban negara untuk mencegah genosida, namun juga mendukung perkembangan genosida dengan memberikan dukungan militer dan diplomatik tanpa syarat (kepada Israel),”

CCR meminta pengadilan untuk menyatakan bahwa para terdakwa telah melanggar kewajiban mereka berdasarkan hukum kebiasaan internasional, sebagai bagian dari hukum umum federal, untuk mengambil semua tindakan sesuai kewenangan mereka untuk mencegah Israel melakukan genosida terhadap rakyat Palestina di Gaza.

Kelompok ini juga menyerukan AS untuk menggunakan pengaruhnya terhadap Israel untuk mengakhiri permusuhan terhadap warga Palestina di Gaza.

VIVA Militer: Tank tempur militer Israel di Jalur Gaza, Palestina

Photo :
  • npr.org

Sebelumnya pada hari Jumat, Mahkamah Internasional (ICJ) memerintahkan Israel untuk mengambil semua tindakan yang mungkin dilakukan untuk mencegah tindakan genosida terhadap Gaza dan berbuat lebih banyak untuk membantu warga sipil.

Namun, mereka gagal menyerukan gencatan senjata, seperti yang diminta oleh Afrika Selatan, yang mengajukan kasus tersebut ke ICJ.

Sejak perang dimulai pada 7 Oktober, lebih dari 26.000 warga Palestina telah tewas dalam pemboman Israel di Gaza menyusul serangan Hamas terhadap Israel yang menewaskan sekitar 1.100 orang di sana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya