Sosok Tak Disangka Ini Berhasil Buat Elon Musk Boncos Ratusan Trilun

Elon Musk.
Sumber :
  • WIRED

Jakarta – Pengadilan di Delaware, Amerika Serikat, memutuskan untuk mengabulkan tuntutan dari seorang pemegang saham Tesla yang bertujuan untuk membatalkan paket gaji Elon Musk di perusahaan manufaktur mobil listrik tersebut.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Dilansir dari The Wall Street Journal, Selasa, 6 Januari 2024, keputusan ini diambil setelah melalui perjuangan selama 5 tahun dan dibantu oleh seorang pengacara berpengalaman dengan puluhan tahun di bidangnya.

Elon Musk.

Photo :
  • Driving.ca
Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Pengacara tersebut sebelumnya telah mewakili beberapa perusahaan besar seperti Goldman Sachs dan 21st Century Fox, serta baru-baru ini mewakili seorang pemegang saham Tesla yang juga aktif bermain drum di sebuah band heavy-metal.

Tuntutan yang diajukan pada tahun 2018 tersebut menyatakan bahwa Elon Musk, sebagai CEO Tesla, memiliki kontrol atas proses pengambilan keputusan, dan bahwa para eksekutif memberikan informasi yang menyesatkan kepada para investor yang kemudian menyetujuinya.

IHSG Dibayangi Koreksi Wajar, Intip Rekomendasi Saham Jelang Akhir Pekan

Musk membantah klaim ini dengan menyatakan bahwa dia tidak menentukan ketentuan rencana gaji tersebut.

Hakim Kathaleen McCormick, yang menangani kasus ini, menyatakan bahwa proses untuk mendapatkan persetujuan atas kompensasi Elon Musk dianggap "sangat cacat." Beliau juga memberikan persetujuan untuk membatalkan paket gaji CEO senilai maksimum US$55,8 miliar (Rp852 triliun) minggu ini.

Pengacara Greg Varallo, yang merespons keputusan tersebut, menyatakan bahwa hasilnya "akan membuat seolah-olah (paket kompensasi) tidak pernah ada."

Varallo, sebagai kuasa hukum utama penggugat, yang juga merupakan pemegang saham individu Tesla bernama Richard Tornetta, dan timnya berhasil mengalahkan tim pengacara yang dipimpin oleh firma hukum kelas berat New York Cravath, Swaine & Moore, dan mantan kepala firma tersebut, Evan Chesler.

Kasus ini awalnya diajukan oleh pengacara dari Friedman Oster & Tejtel dan Andrews & Springer di pengadilan Delaware. Friedman Oster & Tejtel adalah firma hukum berbasis di New York yang mengkhususkan diri dalam kasus pelanggaran perusahaan di Delaware.

Pada tahun 2021, Varallo dan beberapa pengacara lainnya dari Bernstein, Litowitz, Berger & Grossmann bergabung dalam litigasi ini.

Elon Musk.

Photo :
  • Stars and Stripes

Pada saat itu, Tornetta baru saja berhasil melalui mosi yang dikeluarkan oleh dewan direksi Tesla, meningkatkan kemungkinan kasus ini bisa lanjut ke persidangan. Sejak saat itu, Varallo menjadi bagian dari tim kuasa hukum Tornetta dalam upaya besar-besaran ini.

Sebagai seorang mantan pengacara korporasi, Varallo telah menginisiasi tindakan hukum terhadap sejumlah perselisihan bisnis kompleks di seluruh Amerika Serikat, termasuk di Delaware. Ia mewakili Goldman Sachs dalam gugatan terkait struktur kompensasinya dan menjadi penasihat utama untuk News Corp dan 21st Century Fox dalam litigasi pemegang saham.

Pada tahun 2019, setelah tiga dekade berkarir di firma hukum perusahaan Richards, Layton & Finger, Varallo membuat keputusan luar biasa bagi seorang pengacara korporasi yang sudah mapan. Ia memilih untuk bekerja untuk para penggugat.

Dalam wawancara podcast tahun 2021, Varallo menyatakan, "Ini adalah peluang yang sangat berjiwa wirausaha, untuk mencoba hal baru, untuk bekerja dengan orang-orang yang saya kenal, tetapi di bidang yang memerlukan pembelajaran baru dari saya."

Di waktu luangnya, Varallo menikmati berburu angsa dan bebek, serta bermain poker. "Ketika kami mengajukan tuntutan hukum di dunia yang memiliki informasi yang tidak sempurna, dan Anda bermain poker kompetitif di dunia di mana Anda memiliki informasi yang tidak sempurna," katanya, "menurut saya, ada beberapa hal yang tumpang tindih di antara keduanya."

Sementara itu, Tornetta, penggugat utama, sebelumnya bekerja di perusahaan yang memproduksi peralatan audio purna jual untuk mobil dan perusahaan otomotif. Pada pertengahan tahun 2000-an, ia bermain drum di band heavy-metal bernama Dawn of Correction, menggambarkan dirinya sebagai "rock and roll agresif dengan akar metal lama."

Varallo mendapatkan pujian karena ketekunannya selama proses litigasi, meskipun beberapa individu membuat pernyataan online yang negatif tentang kasus tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya