Hizbullah Lancarkan Hampir 1.000 Serangan ke Wilayah Israel Sejak Badai Al Aqsa

Data Serangan Hizbullah (Doc: X)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Tel Aviv – Kelompok perlawanan Lebanon, Hizbullah, mengumumkan melalui laman media militernya pada 4 Februari 2024, bahwa mereka telah melakukan 961 operasi melawan Israel sejak dimulainya Operasi Banjir Al-Aqsa.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Dalam infografis yang merinci serangannya terhadap situs-situs Israel di seberang perbatasan, Hizbullah mengatakan rata-rata melakukan delapan operasi per hari. 26 operasi paling banyak dilakukan dalam satu hari, sedangkan minimal dua.

VIVA Militer: Milisi Hizbullah Lebanon

Photo :
  • haaretz.com
Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Grafik tersebut menambahkan bahwa masing-masing dari 22 pemukiman Israel diserang sebanyak 72 kali. Situs militer dan titik perbatasan Israel lainnya juga diserang ratusan kali.

43 pemukiman Israel telah dievakuasi dan 230.000 pemukim mengungsi, ungkap Hizbullah. Dua pabrik militer dan dua platform Iron Dome Israel menjadi sasaran, bersama dengan sejumlah lokasi dan posisi lainnya. Sebanyak 56 kendaraan militer termasuk tank dan pengangkut pasukan terkena serangan.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Dalam hal jumlah korban jiwa, Hizbullah memperkirakan setidaknya 2.000 warga Israel telah terbunuh atau terluka akibat operasi perlawanan.

Operasi tersebut telah membuat Israel berada dalam krisis. Pada awal Januari, media Ibrani melaporkan bahwa penjualan di wilayah utara turun hingga 70 persen.

Kepala Dewan Regional Matah Asher di Galilea barat, Moshe Dowidowicz, mengatakan pada saat itu bahwa penduduk di wilayah utara hidup dalam ketidakpastian dan sebagian besar dari mereka tidak memiliki sumber pendapatan.

Dowidowicz menambahkan bahwa Hizbullah menimbulkan bahaya terbesar di wilayah utara. "Dan bahaya ini tidak terbatas pada situasi keamanan, namun meluas ke situasi psikologis dan ekonomi.”

Pemukim yang dievakuasi menyatakan mereka tidak berniat kembali sampai ancaman Hizbullah hilang. Janji pemerintah mengenai kompensasi finansial tidak banyak memotivasi warga Israel untuk kembali ke utara.

Para pejabat Barat telah melakukan beberapa perjalanan ke Beirut sejak Oktober untuk menekan Hizbullah dan negara tersebut atas nama Israel.

Bulan lalu, penasihat senior Gedung Putih Amos Hochstein juga mengunjungi Lebanon.

Menurut surat kabar Al-Akhbar, Hochstein mengatakan kepada para pejabat bahwa Hizbullah harus mundur dari perbatasan, dan mengancam bahwa jika tidak, Israel akan melancarkan perang melawan Hizbullah.

Hochstein mengunjungi Israel pada akhir pekan untuk melakukan pembicaraan dengan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant.

VIVA Militer: Serangan rudal milisi Hizbullah Lebanon ke pos militer Israel

Photo :
  • youtube.com

Menurut saluran berbahasa Ibrani Channel 12, Hochstein menyampaikan tanda-tanda kemungkinan solusi diplomatik yang mencakup perpindahan Hizbullah dari perbatasan.

Laporan tersebut menambahkan bahwa para pejabat Israel merasa optimis terhadap kesepakatan tersebut untuk pertama kalinya sejak dimulainya perang.

Namun, para pejabat Lebanon mengatakan kepada Hochstein selama kunjungan terakhirnya ke Lebanon bahwa tidak ada solusi yang dapat dibahas sampai perang di Gaza berakhir, sejalan dengan posisi Hizbullah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya