Media Asing Soroti Prabowo Subianto yang Berpeluang Menang Pilres Satu Putaran

Prabowo Subianto
Sumber :
  • Dok.Istimewa

VIVA Dunia – Media asing asal Jepang, Nikkei Asia menyoroti peluang kemenangan Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden (pemilu) yang akan datang dalam satu putaran.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Media tersebut menyebutkan untuk ketiga kalinya Prabowo maju sebagai capres semakin dekat dengan kemenangan dalam pencalonannya untuk yang ketiga kali.

“Menteri Pertahanan Prabowo Subianto semakin berpeluang memenangkan pemilihan presiden Indonesia dalam putaran pertama, menurut jajak pendapat terbaru, meskipun meningkatnya serangan dari para kritikus dan penentang terhadap pencalonannya sebagai presiden menjelang pemungutan suara pada hari Rabu,” tulis media tersebut, dilansir Selasa, 13 Februari 2024.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pilpres Pemilu 2024. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Ini bukan pertama kalinya media tersebut menyebutkan peluang kemenangan Prabowo di putaran pertama. Pada pekan lalu, Nikkei Asia juga mengungkapkan hal yang sama dengan membaca jajak pendapat dari LSI.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

“Hasil survei yang dirilis oleh empat lembaga survei terkemuka di Jakarta dalam beberapa hari terakhir menunjukkan dukungan terhadap Prabowo telah melampaui 50%, yang memungkinkannya memenangkan pemilihan presiden tiga arah pada putaran awal pemungutan suara,” tulis media tersebut pekan lalu.

“Popularitas Prabowo terus meningkat sejak ia menunjuk Gibran Rakabuming, putra Presiden Joko “Jokowi” Widodo, sebagai pasangannya pada bulan Oktober. Jajak pendapat terbaru yang dirilis pada hari Selasa oleh lembaga survei lokal LSI Denny JA menunjukkan bahwa Prabowo memimpin dengan perolehan suara yang diharapkan sebesar 50,7%, sementara dua pesaingnya, mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, masing-masing tertinggal dengan sekitar 20%,” tulis media tersebut.

“Ini pertama kalinya survei kami (menunjukkan) pasangan Prabowo-Gibran melampaui angka ajaib 50%. Peringkat dukungan yang tinggi terhadap Jokowi memberi pasangan calon yang terkait dengan sebuah berkah elektoral,” kata peneliti LSI Adjie Al Faraby kepada Nikkei Asia, menambahkan bahwa peringkat Jokowi secara konsisten berada di kisaran 80% dalam beberapa bulan terakhir.

Media itu juga menunjukkan hasil jajak pendapat menunjukkan bahwa Prabowo sangat populer di kalangan pemilih muda, karena kampanyenya telah berhasil menggantikan citra orang kuatnya yang tegas dengan citra seorang kakek yang menggemaskan, meskipun ia mengakui bahwa ia tidak dapat menghilangkan cara bicaranya yang bergaya militer.

Prabowo Subianto-Gibran, Kampanye Akbar Pesta Rakyat Untuk Indonesia Maju

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

“Banyak anak muda Indonesia menggambarkannya sebagai "gemoy", bahasa gaul lokal yang berarti menggemaskan atau menggemaskan. Postingan media sosial yang menampilkan versi animasi dirinya dan Gibran serta gerakan tarian uniknya yang menyerupai seni bela diri menjadi viral di TikTok, Instagram, dan platform lainnya,” tulis media tersebut.

Seperti diketahui, Indonesia akan melaksanakan Pemilihan Umum (pemilu) untuk memilih Presiden dan Wakil Rakyat pada Rabu, 14 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya