Ini Isi Ucapan Selamat Para Pemimpin Negara Dunia kepada Prabowo Subianto, dari Rusia hingga Inggris

Prabowo Dikunjungi Panglima Angkatan Bersenjata Australia: Hubungan Kedua Negara
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Dunia – Meski rekapitulasi Pemilihan Presiden (pilpres) dalam agenda Pemilihan Umum (Umum) 2024 Indonesia belum mencapai tahap final, namun hasil yang diterima hingga kini telah menunjukkan bahwa pasangan capres-cawapres nomor 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dalam suara.

Toyota Luncurkan Fortuner Edisi Terbaru, Dapat Fitur Menarik

Para pemimpin dunia pun mulai memberi ucapan selamat kepada Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto, dalam upaya memperkuat hubungan dengan calon pemimpin berikutnya di sebuah negara yang kehadirannya di dunia internasional semakin meningkat. 

Pekan lalu, Prabowo memposting foto dirinya sedang berbicara melalui telepon, mengatakan bahwa ia telah menerima telepon ucapan selamat dari pemerintah Albanese dan para pemimpin Singapura, Malaysia, dan Sri Lanka.

NasDem Belum Jelas Oposisi atau Gabung Pemerintah, Cak Imin: Mau Nanya Itu Sungkan

Berikut tujuh negara lain yang ikut mengucapkan selamat kepada Prabowo. 

India

Pagi Ini, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wapres Terpilih

Perdana Menteri India Narendra Modi menekankan hubungan erat antara New Delhi dan Jakarta dalam sambutannya. “Selamat kepada rakyat Indonesia atas keberhasilan pemilihan Presiden dan @prabowo yang memimpin,” Modi memposting pada hari Minggu pekan lalu di X (sebelumnya Twitter).

Saya berharap dapat bekerja sama dengan Kepresidenan baru untuk lebih memperkuat Kemitraan Strategis Komprehensif antara Indonesia dan India," lanjutnya.

Presiden Rusia Vladimir Putin juga mengucapkan selamat kepada Prabowo, melansir laporan kantor berita pemerintah Rusia Tass. “Saya mengandalkan dialog konstruktif dengan Anda dan kerja sama yang bermanfaat mengenai isu-isu topikal dalam agenda bilateral dan internasional,” kata pemimpin Rusia itu dalam pesannya.

Australia

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese termasuk orang pertama yang mengucapkan selamat kepada Prabowo. 

"Saya merasa terhormat menjadi pemimpin asing pertama yang berbicara hari ini dengan @prabowo, yang memiliki keunggulan jelas dalam hal resmi dan tidak resmi, mengenai ambisi saya untuk masa depan hubungan Australia-Indonesia,” tulis Albanese di X pada 15 Februari, sehari setelah pemilu, ketika hasil awal lembaga survei menunjukkan keunggulan Prabowo. 

Thailand

Sementara itu, Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin, yang menjabat sebagai pemimpin negara itu pada Agustus tahun lalu, adalah orang berikutnya yang mengucapkan selamat kepada Prabowo. “Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk lebih memperkuat hubungan dan kerja sama antara Thailand dan Indonesia,” tulisnya di Facebook pada hari Jumat. 

China

Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang juga mengunjungi kediaman Prabowo untuk menyampaikan ucapan selamat. “Terima kasih Yang Mulia Pak Prabowo (karena) cepat menerima kunjungan saya dan (saya ucapkan) selamat,” tulis Kang di akun X-nya pada Minggu lalu. 

"Kami berharap Pak Prabowo mempertahankan sikap ramah terhadap China yang diusung Jokowi, khususnya dalam bidang investasi dan perdagangan,” kata Wen Chong Cheah, seorang analis riset di Economist Intelligence Unit, dalam sebuah catatan. Ia menambahkan bahwa “Indonesia di bawah kepemimpinan Pak Prabowo akan masih tetap bersahabat dengan AS dan negara-negara Barat lainnya, khususnya dalam bidang pertahanan." 

Pada hari Minggu, Prabowo mengatakan di X bahwa ia telah menerima surat ucapan selamat dari Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, yang disampaikan langsung oleh Dominic Jermey, duta besar negara untuk Indonesia. 

Dalam surat yang diunggah pada X, Rishi Sunak menulis, “Saya berkomitmen untuk memperdalam hubungan perdagangan Inggris-Indonesia dan mendukung permohonan Indonesia untuk bergabung dengan OECD."

Sunak juga berjanji untuk terus bekerja sama “secara erat dengan Indonesia dalam isu-isu utama seperti perubahan iklim melalui Kemitraan Transisi Energi yang Berkeadilan,” tulisnya, mengacu pada inisiatif di mana negara-negara maju berkomitmen untuk memobilisasi dana yang bertujuan membantu negara-negara berkembang beralih ke energi ramah lingkungan dan mencapai tujuan nol emisi mereka.

Terbaru, presiden Filipina Bongbong Marcos juga ikut mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto. Ia mengunggah ucapan selamat tersebut di X, dan dibalas dengan hangat oleh Prabowo. 

"Saya mengucapkan selamat yang sebesar-besarnya kepada Menteri Pertahanan @prabowo atas kepemimpinannya dalam penghitungan suara terakhir untuk menjadi Presiden Indonesia berikutnya,” tulis presiden Filipina ke 17 tersebut.

lSaya berharap dapat memperdalam hubungan bilateral PH dengan Indonesia, tetangga dekat dan mitra di ASEAN, terutama saat kita merayakan 75 tahun hubungan diplomatik pada tahun ini,” lanjutnya. 

Amerika Serikat

Meski belum resmi mengucapkan selamat kepada Prabowo, Departemen Luar Negeri AS mengeluarkan pernyataan pada hari pemungutan suara, dan hanya mengucapkan selamat kepada “rakyat Indonesia atas partisipasi mereka yang besar” dalam pemilu tersebut. 

"Kami menantikan pengumuman resmi hasil pemilu dari Komisi Pemilihan Umum,” tambahnya. 

Penasihat Komunikasi Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby menyampaikan pesan yang sama pada tanggal 15 Februari, dengan mengatakan kepada wartawan bahwa Washington akan menyampaikan ucapan selamat kami pada waktu yang tepat, menambahkan, “Kami akan menghormati pemilu dan suara rakyat Indonesia," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya