Israel Marah Besar ke Presiden Lula, Menlu AS Malah Makin Lengket Dengan Brasil

Momen Pertemuan Blinken dan Presiden Lula da Silva (Doc: Anadolu Ajansi)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Brasilia – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken bertemu dengan Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva, pada Rabu, 21 Februari 2024.

Bank Mandiri Pastikan Likuiditas Solid di Tengah Gejolak Iran-Israel

Kunjungan Blinken ke Brasil terjadi setelah Lula membandingkan perang Israel melawan Gaza dengan Holocaust, yang dilakukan Adolf Hitler terhadap orang-orang Yahudi.

“Apa yang terjadi di Jalur Gaza bukanlah perang, melainkan genosida,” kata Lula kepada wartawan pada pekan lalu, di sela-sela KTT Uni Afrika di Ethiopia, dikutip dari ANews, Kamis, 22 Februari 2024.

OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global

Presiden Brazil Lula da Silva (Doc: AP Photo)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Komentar Lula membuat AS menyatakan diri bahwa pihaknya tidak setuju dengan komentar tersebut.

Indonesia Sesalkan Palestina Gagal Jadi Anggota Penuh PBB Karena Veto AS

“Kami sudah cukup jelas bahwa kami tidak percaya bahwa genosida telah terjadi di Gaza,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Matthew Miller kepada wartawan, pada Selasa, 20 Februari 2024.

Kunjungan Blinken ke Brasil diketahui membahas keterlibatan AS dalam konflik di Gaza, termasuk kerja sama mendesak untuk memfasilitasi pembebasan semua sandera dan untuk meningkatkan bantuan kemanusiaan, serta meningkatkan perlindungan bagi warga sipil Palestina.

"Blinken juga berterima kasih kepada Lula atas partisipasi Brasil dalam proses Formula Perdamaian Ukraina," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller dalam pernyataan itu.

Selain itu, keduanya juga membahas isu-isu lain, termasuk agenda kepresidenan Brasil di G20 untuk memerangi kelaparan dan kemiskinan, melakukan mobilisasi melawan krisis iklim, dan menjadikan tata kelola global lebih efektif.

Di lain sisi, Blinken pun menyoroti peringatan dua abad AS-Brasil yang akan datang pada bulan Mei, dan memuji Lula atas peran Brasil dalam meredakan ketegangan antara Guyana dan Venezuela mengenai wilayah Essequibo.

Matthew Miller (Doc: US Gov)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Keduanya juga membahas dukungan Brasil yang telah lama diberikan kepada masyarakat Haiti, janji Brasil untuk mengakhiri deforestasi di Amazon pada tahun 2030, serta kerja sama dalam bidang mineral penting dengan Brasil dan dalam bidang energi bersih serta diversifikasi rantai pasokan global.

Dalam postingan X usai bertemu Blinken, Lula mengatakan keduanya berbicara tentang perdamaian di Ukraina dan di Gaza, di antara isu-isu lain seperti KTT G-20, inisiatif untuk memperbaiki kondisi pekerja, perlindungan lingkungan, transisi energi, perluasan investasi, dan hubungan kerja sama antara kedua negara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya