AS dan Inggris Balas Dendam! Serangan Udara Hujani Houthi di Yaman

VIVA Militer: Serangan rudal balistik milisi Houthi Yaman
Sumber :
  • mehrnews.com

VIVA – AS dan Inggris telah menyerang lebih dari selusin target Houthi di Yaman setelah lonjakan serangan oleh kelompok milisi yang didukung Iran di kapal-kapal di Laut Merah dan Teluk Aden, dikutip dari Sky News, Senin, 26 Februari 2024.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Ini adalah aksi bersama keempat yang diambil oleh Inggris dan AS dalam upaya untuk mencegah serangan oleh kelompok di kapal, termasuk serangan rudal minggu ini yang membakar kapal kargo.

VIVA Militer: Rudal jelajah milisi Houthi

Photo :
  • allarab.news
Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Menurut pejabat AS, jet tempur Amerika dan Inggris menghantam sekitar 18 lokasi di beberapa lokasi, menargetkan rudal, peluncur, roket, drone, dan kendaraan permukaan dan bawah laut tak berawak.

Jet tempur AS diluncurkan dari kapal induk USS Dwight D Eisenhower, yang berada di Laut Merah. Presiden AS Joe Biden memerintahkan serangan setelah diberi pengarahan tentang target pada hari Jumat.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Joe Biden telah berulang kali memperingatkan bahwa AS tidak akan mentolerir serangan Houthi terhadap pengiriman komersial. Tetapi serangan balik tampaknya tidak mengurangi kampanye Houthi terhadap pengiriman di wilayah tersebut, yang menurut militan adalah atas perang Israel melawan Hamas di Gaza.

L Masirah TV, outlet berita televisi utama yang dijalankan oleh gerakan Houthi yang selaras dengan Iran di Yaman, mengatakan pada hari Sabtu bahwa pasukan AS dan Inggris melakukan total sembilan serangan udara di ibu kota Sanaa.

Kementerian Pertahanan (MoD) mengatakan serangan Inggris dilakukan oleh empat FGR4 Topan Angkatan Udara Kerajaan yang didukung oleh dua kapal tanker Voyager.

“Analisis intelijen telah berhasil mengidentifikasi beberapa drone jarak jauh, yang digunakan oleh Houthi untuk misi pengintaian dan serangan, di bekas lokasi baterai rudal permukaan-ke-udara beberapa mil timur laut Sanaa. Pesawat kami menggunakan bom berpemandu presisi Paveway IV melawan drone dan peluncurnya,” kata Kemenhan.

Kementerian Keamanan mengatakan serangan RAF sebelumnya, pada 11 Januari dan 3 Februari, telah menghancurkan “sejumlah bangunan yang digunakan untuk mendukung” “operasi drone dan rudal jelajah” Houthi.

“Ini adalah tugas kita untuk melindungi kehidupan di laut dan menjaga kebebasan navigasi. Itulah mengapa Angkatan Udara Kerajaan terlibat dalam gelombang keempat serangan presisi terhadap target militer Houthi di Yaman,” kata Menteri Pertahanan Inggris Grant Shapps di unggahan akun X setelah serangan terjadi.

“Kami bertindak bersama sekutu kami untuk lebih menurunkan drone dan peluncur Houthi yang digunakan untuk melakukan serangan berbahaya mereka. Saya berterima kasih kepada personel Inggris yang berani yang terlibat atas layanan mereka,” imbuhnya.

Menteri Pertahanan AS Lloyd J Austin mengatakan AS dan Inggris didukung oleh Australia, Bahrain, Kanada, Denmark, Belanda, dan Selandia Baru dalam melakukan serangan.

VIVA Militer: Letnan Jenderal Benjamin Gantz (kiri) dan Lloyd Austin

Photo :
  • Voice of America

Dia mengatakan delapan lokasi menjadi sasaran, termasuk fasilitas penyimpanan senjata bawah tanah Houthi, fasilitas penyimpanan rudal, sistem udara tak berawak serangan satu arah dan sistem pertahanan udara.

AS telah sering melakukan serangan tanpa dukungan Inggris untuk mengalahkan target Houthi, termasuk rudal dan drone yang masuk yang ditujukan ke kapal, serta senjata yang disiapkan untuk diluncurkan.

Houthi telah meluncurkan setidaknya 57 serangan terhadap kapal komersial dan militer di Laut Merah dan Teluk Aden sejak 19 November, dan kecepatannya telah meningkat dalam beberapa hari terakhir.

“Kami pasti telah melihat dalam 48, 72 jam terakhir peningkatan serangan dari Houthi,” kata juru bicara Pentagon Sabrina Singh dalam pengarahan pada hari Kamis. 

Dan dia mengakui bahwa Houthi belum terhalang.

“Kami tidak pernah mengatakan bahwa kami telah menghapus peta semua kemampuan mereka,” katanya kepada wartawan.

“Kami tahu bahwa Houthi mempertahankan persenjataan yang besar. Mereka sangat cakap. Mereka memiliki senjata canggih, dan itu karena mereka terus mendapatkannya dari Iran,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya