Cerita Mengerikan Wanita di Gaza Alami Pelecehan dan Pemukulan Saat Ditahan Israel

Ilustrasi Perempuan Gaza (Doc: MEE)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Gaza – Pelecehan seksual, pemukulan, teriakan, perampasan makanan, kurangnya perawatan medis dan siksaan psikologis dialami Amena Hussain, seorang wanita yang jadi tawanan Israel. Ibu dari tiga anak Palestina ini diculik oleh pasukan Israel dari tempat perlindungannya di Jalur Gaza, pada akhir Desember lalu. Selama lebih dari 40 hari, dia ditahan dalam kondisi yang tidak terbayangkan.

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

Amena adalah satu dari ratusan perempuan, anak perempuan, laki-laki dan orang tua Palestina yang ditahan secara sewenang-wenang oleh pasukan Israel selama serangan yang sedang berlangsung.

VIVA Militer: Agresi militer Israel di Gaza, Palestina

Photo :
  • timesofisrael.com
Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Mereka ditahan tanpa komunikasi, dan tentara Israel membawa mereka ke lokasi yang tidak diketahui dan tidak memberikan informasi tentang keberadaan mereka.

Amena Hussain adalah salah satu dari sedikit orang beruntung yang berhasil lolos. Dia diketahui tinggal di Kota Gaza bersama dua putrinya, berusia 13 dan 12 tahun, serta putranya, berusia enam tahun. Empat hari setelah perang dimulai pada 7 Oktober 2023, saudara perempuannya bergabung dengan mereka di rumah setelah rumahnya dibom.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Selama hampir sebulan, mereka hidup di bawah suara-suara mengerikan dari serangan udara jarak dekat yang tiada henti.

Kota ini, yang merupakan rumah bagi hampir satu juta orang sebelum perang, menjadi sasaran kampanye pengeboman yang dianggap sebagai salah satu yang paling merusak dalam sejarah baru-baru ini, dan secara proporsional menyebabkan lebih banyak kerusakan dibandingkan dengan pemboman Sekutu di Jerman pada Perang Dunia Kedua.

Putus asa akan rasa aman, Amena Hussain berangkat bersama ketiga anaknya untuk berlindung di sebuah sekolah di Gaza. Tapi itu tidak cukup.

“Tentara terus-menerus menelepon ponsel saya dan meminta semua orang meninggalkan sekolah,” kata Amena Hussain, dikutip dari Middle East Eye, Senin, 26 Februari 2024.

“Saya mengumpulkan anak-anak saya dan mencari perlindungan di sebuah sekolah di Jalur Gaza tengah di daerah Nuseirat, tapi sekolah itu sangat ramai sehingga kami tidak dapat menemukan tempat untuk berdiri, apalagi, duduk atau tidur. Kami berkeliling sekolah mencari tempat yang aman untuk anak-anak saya sampai kami menemukan sekolah untuk tinggal di kamp pengungsi al-Bureij,” katanya.

“Saya tinggal di sana selama delapan hari berikutnya. Pada hari kesembilan, sekolah tersebut dibom oleh tentara Israel, meskipun mereka tahu bahwa sekolah tersebut menampung para pengungsi perempuan, anak-anak dan seluruh keluarga. Syukurlah saya dan anak-anak saya selamat dari pemboman tersebut. Selanjutnya, saya mencari perlindungan di sekolah lain."

Mengungsi beberapa kali dalam waktu kurang dari dua bulan, Hussain merasa lega akhirnya menemukan tempat berlindung yang cocok di Jalur Gaza tengah.

Tapi mimpi terburuknya belum dimulai. Kurang dari sebulan setelah tiba di sekolah terbaru, yang tidak disebutkan namanya, untuk melindungi identitas Amena Hussain, pasukan Israel tiba.

“Mereka dengan kejam mendobrak masuk pada pukul 02.30 lewat tengah malam, memerintahkan semua orang untuk meninggalkan sekolah. Mereka menyerang semua orang. Para tentara membawa anak-anak keluar dan menelanjangi mereka. Mereka menyeret semua pria keluar dengan celana boxer mereka. Kami tetap seperti ini sampai jam 10.00 pagi hari," kata Amena.

"Sekitar jam 3 sore, tentara menyuruh para perempuan tersebut untuk membawa anak-anak mereka dan pergi, lalu memerintahkan mereka menuju ke selatan. Berbicara melalui mikrofon, mereka mengatakan bahwa setiap perempuan hanya boleh membawa satu tas dan anak-anaknya. Saya mencoba mengumpulkan semua kaleng makanan yang saya bawa, dan mengambil hal-hal yang paling penting untuk kelangsungan hidup kita dan pergi."

Ketika perempuan mulai keluar dari sekolah, beberapa dari mereka dihentikan, dan Amena Husain termasuk di antara mereka.

“Tentara tersebut meminta identitas saya dan membawa saya bersama sembilan wanita lainnya. Saya tidak mengenal satupun dari mereka, karena mereka berasal dari al-Bureij sedangkan saya dari Gaza. Seorang pria bertopeng menunjuk ke arah saya dan tentara tersebut memanggil nama saya dan meminta saya masuk tenda, mengaku ada dokter di sana yang ingin berbicara sebentar."

Untuk menghibur anak-anaknya, Amena Hussain mengatakan dia akan mengambilkan mereka makanan dan air dari tenda. Namun, ketika dia masuk, seorang petugas wanita Israel sudah menunggunya di dalam, dan tidak ada dokter.

"Singkirkan semuanya," kata petugas itu dalam bahasa Arab.

Ilustrasi Kekerasan Israel di Tepi Barat (Doc: Middle Eaat Eye)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Tanpa busana hingga celana dalamnya, Amena digeledah dari ujung kepala sampai ujung kaki.

“Ketika dia tidak menemukan apa pun, dia meminta saya untuk berdandan dan saya pikir saya akan dibebaskan, tapi ketika tiba-tiba saya merasakan tentara di belakang saya menodongkan pistol ke punggung saya dan berteriak kepada saya untuk berjalan. 'Ke mana saya pergi?' Saya bertanya kepada tentara tersebut, dan dia menjawab dengan menyuruh saya diam dan terus berjalan sampai dia memasukkan saya ke dalam mobil van besar bersama wanita lain di dalamnya,” tuturnya.

“Dia memborgol saya, memukul saya dengan senjatanya dan mencoba memberikan kartu identitas saya. Saat itu gelap, saya tidak dapat melihat apa pun dan tidak dapat menangkapnya. Jadi, dia kembali memukul saya dengan senjatanya dan memberikan (sebuah identitas) kepada saya."

Van itu kemudian berangkat untuk perjalanan jauh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya