Kasus Pilot TNI AU Bakar Diri Sedang Diinvestigasi, Kepala Staf Angkatan Udara Buka Suara

Demonstran berkumpul saat berjaga di luar Kedutaan Besar Israel
Sumber :
  • Military

VIVA – Kepala Staf Angkatan Udara Jenderal David Allvin mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka sedang menyelidiki kasus bunuh diri seorang pilot yang membakar dirinya di depan Kedutaan Besar Israel di Washington, D.C., minggu ini untuk memprotes kekerasan yang sedang berlangsung di Gaza. 

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Sementara itu, Departemen Angkatan Udara mengatakan kepada Military.com bahwa mereka menganjurkan para penerbang untuk mencari sumber daya kesehatan mental jika mereka membutuhkannya setelah kematian tersebut, yang menjadi berita halaman depan di seluruh negeri. 

Dinas tersebut, bersama dengan anggota militer lainnya, telah lama bergulat dengan upaya bunuh diri di kalangan prajurit, dengan kebijakan baru yang dimaksudkan untuk mempercepat perawatan kesehatan mental bagi pasukan.

Viral Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

Penerbang Senior Aaron Bushnell (25), merupakan seorang spesialis operasi pertahanan dunia maya yang ditugaskan di Sayap Intelijen, Pengawasan dan Pengintaian ke-70 di Fort Meade di Maryland. 

Dia merekam video dirinya pada hari Minggu berjalan ke kedutaan dengan mengenakan seragam, menyiram dirinya dengan bahan bakar dan mengatur dirinya sendiri. Dia kemudian meninggal karena luka-luka bakar itu.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

“Kita mencatat sekitar 100 kasus bunuh diri setiap tahunnya, dan setiap tahun kita berusaha mengejarnya, bagaimana kita menguranginya?” kata Allvin, yang berbicara di lembaga pemikir Brookings Institution di D.C, dikutip dari Military, Kamis, 29 Februari 2024.

“Dan kami menjaga keluarga, melihat unitnya dan benar-benar mencoba memahami apakah ada konteks di balik ini, pelajaran apa yang bisa dipetik, tapi ini sebenarnya tentang individu yang hilang dari kami,” katanya.

Aksi Protes Ekstrim! Pria AS Bakar Diri di Depan Kedubes Israel

Photo :
  • New York Post

Kematian tersebut telah terjerat dalam perpecahan publik terkait perang Israel-Hamas, sehingga memicu aksi anti-perang di depan kedutaan dan menginspirasi para pengunjuk rasa. 

Dalam video tersebut, Bushnell mengatakan dia akan melakukan "aksi protes ekstrem" dan meneriakkan "bebaskan Palestina" berulang kali sebelum ambruk ke tanah dan dilalap api.

Dalam penampilannya pada hari Rabu, Allvin disela oleh beberapa aktivis dan pengunjuk rasa yang menyela tentang Bushnell dan menyerukan diakhirinya perang Israel-Hamas.

“Sebutkan namanya, Aaron Bushnell!" teriak seorang aktivis. 

“Gencatan senjata sekarang,” teriak yang lain.

Demonstran berkumpul saat berjaga di luar Kedutaan Besar Israel

Photo :
  • Military

Banyak pengunjuk rasa yang digiring keluar ruangan sambil meneriakkan ucapannya. Allvin tidak berbicara langsung kepada para aktivis tersebut.

“Bagi Angkatan Udara kami, kami melihat ini sebagai, apakah ini bermotif politik atau lainnya, kami kehilangan salah satu dari kami,” kata Allvin. 

“Jadi, bunuh diri apa pun, baik karena protes politik atau karena masalah ketahanan atau di mana pun itu terjadi, adalah sebuah tragedi dan, ketika kami melihat alasannya, ada proses investigasi standar yang kami lalui dan kami lihat. itu untuk memastikan kami memahami segalanya tentang apa yang terjadi,” imbuhnya.

Brooke Rohner, salah satu aktivis yang dikawal dari diskusi Allvin di Brookings, mengatakan kepada Military.com bahwa dia kecewa dengan cara layanan tersebut menanggapi kematian Bushnell.

“Kami kecewa dengan tanggapan pimpinan Angkatan Udara dalam menghormati Aaron. Terlepas dari apakah mereka setuju atau tidak dengan sikap politik atau bentuk protesnya, dia mendedikasikan beberapa tahun untuk mengabdi dan harus dihormati pada tingkat tertinggi,” Rohner mengatakan kepada Military.com. 

“Sayang sekali mereka tidak berbuat lebih baik,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya