Penerbang Senior Aaron Bushnell Bakar Diri Demi Bela Palestina, Begini Tanggapan Komandan ISRW

Penerbang Senior Aaron Bushnell Bakar Diri
Sumber :
  • LBC

Washington – Angkatan Udara pada hari Selasa mengidentifikasi penerbang yang tewas setelah membakar dirinya sebagai tindakan protes ekstrem di depan Kedutaan Besar Israel di Washington, D.C. 

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Penerbang Senior Aaron Bushnell, dari Whitman, Massachusetts, berjalan menuju kedutaan pada Minggu sore, menyiram dirinya dengan akselerator dan membakar seragam Angkatan Udaranya. Dia berusia 25 tahun dan telah bertugas aktif sejak Mei 2020, menurut dinas tersebut.

Aaron Bushnell

Photo :
Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Bushnell adalah spesialis operasi pertahanan siber di Skuadron Intelijen 531 di Pangkalan Gabungan San Antonio-Lackland. Dia ditugaskan ke Sayap Intelijen, Pengawasan dan Pengintaian ke-70 di Fort Meade di Maryland.

“Ketika tragedi seperti ini terjadi, setiap anggota Angkatan Udara turut merasakannya,” kata Kolonel Celina Noyes, komandan ISRW ke-70, dalam sebuah pernyataan melalui email, dikutip dari Military, Kamis, 29 Februari 2024. 

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

“Kami menyampaikan simpati terdalam kami kepada keluarga dan teman-teman Penerbang Senior Bushnell. Pikiran dan doa kami menyertai mereka, dan kami meminta Anda menghormati privasi mereka selama masa sulit ini,” lanjutnya.

Bushnell merekam aksi bakar diri tersebut, dan videonya diposting online. Di dalamnya, anggota militer berseragam itu dengan tenang berjalan ke depan kedutaan dan mengatakan dia akan melakukan “tindakan protes ekstrem.” 

Dia kemudian membuang akselerator ke dirinya sendiri dari botol air dan mengeluarkan korek api, membakar dirinya sendiri. Dia berteriak "bebaskan Palestina" berulang kali sebelum jatuh ke tanah, dilalap api.

VIVA Militer: Tentara Amerika bakar diri sendiri di luar Kedutaan Besar Israel

Photo :
  • news18.com

Departemen Kepolisian Metropolitan Washington, D.C., mengatakan pada hari Minggu di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, bahwa petugas merespons ke kedutaan sekitar jam 1 siang waktu setempat "untuk membantu Dinas Rahasia Amerika Serikat setelah seseorang membakar diri di depan kedutaan di blok tersebut."

Dalam video tersebut, penjaga bersenjata berlari ke arah Bushnell dengan senjata terhunus, dan satu orang membawa alat pemadam api untuk memadamkan api. 

Polisi D.C. mengirimkan tim penjinak bahan peledak untuk menggeledah kendaraan yang mencurigakan di lokasi kejadian, namun kendaraan tersebut dibersihkan pada Minggu malam setelah tidak ada bahan berbahaya yang ditemukan, kata polisi di X.

The Washington Post melaporkan pada hari Senin bahwa Bushnell dibesarkan di sebuah kompleks keagamaan di Orleans, Massachusetts, di Cape Cod yang disebut "Komunitas Yesus," yang telah menghadapi tuduhan perilaku tidak pantas di masa lalu.

Mereka yang mengenal Bushnell juga mengatakan kepada Post bahwa penerbang muda tersebut menyatakan ketidakpuasannya terhadap peran AS dalam Perang Israel-Hamas dan telah mempertimbangkan untuk meninggalkan militer lebih awal.

Bushnell telah melakukan pra-pendaftaran untuk masa jabatan mendatang di Southern New Hampshire University yang dijadwalkan dimulai minggu depan, WMUR News di New Hampshire melaporkan. 

Dia mendaftar secara online di sekolah tersebut pada tahun 2023, mengambil kelas dari Agustus hingga Oktober tahun lalu untuk mendapatkan gelar ilmu komputer, stasiun berita tersebut menambahkan.

Protes Bushnell ini merupakan aksi bakar diri yang kedua terkait dengan perang Israel dan Hamas yang sedang berlangsung, yang telah memakan banyak korban jiwa di Jalur Gaza.

Pada bulan Desember, seorang pengunjuk rasa membakar diri di luar Konsulat Israel di Atlanta, Georgia. Sebuah bendera Palestina yang ditemukan di lokasi kejadian adalah bagian dari protes tersebut, kata Kepala Polisi Atlanta Darin Schierbaum, menurut The Associated Press.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya