Aturan Baru UEA Selama Bulan Ramadan, Jam Kerja Dikurangi 2 Jam Hingga Fasilitas Parkir Gratis

Ilustrasi Bulan Ramadan.
Sumber :
  • vstory

Dubai – Selama Ramadan di Uni Emirat Arab (UEA), pemerintah setempat telah menyesuaikan jadwal harian bagi masyarakat yang menjalankan ibadah puasa.

PT Ameya Livingstyle Indonesia Ekspor Ratusan Boks Produk Tenunnya ke Pasar Internasional

Meskipun tanggal resminya akan diumumkan setelah bulan sabit terlihat oleh Komite pengamatan Bulan UEA, prediksi astronomi menunjukkan bulan sabit akan jatuh pada 11 Maret 2024.

Melansir dari Gulf News pada Senin, 1 Maret 2024, sebagian besar negara Islam yang mengawali bulan Syaban pada Minggu, 11 Februari 2024, kini bersiap melihat hilal Ramadan pada Minggu, 10 Maret.

Perkuat Hubungan UEA-Indonesia, Presiden MBZ Anugerahi Prabowo 'Zayed Medal'

Ilustrasi Bulan Ramadan (Getty Images/iStockphoto/Choreograph)

Photo :
  • vstory

Ramadan di UEA nantinya akan mempengaruhi jam kerja perkantoran, mal, restoran, dan parkir berbayar.

Kenalkan Gibran ke Syeikh MBZ, Prabowo Subianto: Yang Mulia, Ini Wakil Presiden Saya

Berikut rincian hal-hal yang diharapkan:

1. Kantor sektor swasta

Jam kerja dikurangi dua jam selama Ramadan, sesuai dengan Pasal 15 (2) ‘Resolusi Kabinet Nomor 1 Tahun 2022 tentang Penerapan Undang-Undang Keputusan Federal Nomor 33 Tahun 2021’.

Menurut situs resmi Pemerintah UEA, pekerja non-Muslim juga berhak mendapatkan pengurangan jam kerja selama Ramadan tanpa pemotongan gaji.

2. Jam buka restoran

Menurut situs yang sama, sebagian besar restoran mematuhi jam puasa. Mereka tutup pada siang hari dan buka setelah salat Magrib. Beberapa restoran hingga kafe buka pada siang hari, dan masyarakat bebas memesan makanan untuk diantar, dibawa pulang, atau disantap di dalam ruangan.

3. Jam buka toko kelontong dan mall

Supermarket dan toko kelontong buka seperti biasa. Mal tetap buka sampai larut malam.

4. Waktu parkir

Jam parkir umum berbayar berubah selama bulan Ramadan. Informasi tentang waktu parkir, biaya dan cara pembayaran ditunjukkan pada meteran parkir di area parkir.

Di Dubai misalnya, jam kerja publik akan membuat parkir berbayar selama Ramadan adalah dari pukul 08.00-18.00 dan dari pukul 20.00-12.00 tengah malam, menurut Otoritas Jalan dan Transportasi (RTA) Emirat tersebut. Detail untuk semua wilayah akan diumumkan menjelang Ramadan.

5. Ketersediaan taksi

Menurut situs pemerintah, meskipun taksi di UEA tersedia 24/7, Anda mungkin akan kesulitan untuk memanggil taksi langsung dari jalan raya, terlebih pada malam hari, karena banyak pengemudi yang akan mengakhiri puasanya.

Lebih baik memesan taksi terlebih dahulu melalui aplikasi ride-sharing seperti Careem, Hala Taxi, atau Uber.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya