Perwira Senior Israel Ramai-ramai Mengundurkan Diri dari Jabatan, Ada Apa?

Laksamana Muda Daniel Hagari (Doc: IDF)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Tel Aviv – Kepala Unit Juru Bicara tentara pendudukan Israel, Laksamana Muda Daniel Hagari, telah mengumumkan pengunduran dirinya meskipun perang Israel terus berlanjut melawan warga Palestina di Gaza. Hal itu disampaikan oleh Israel Now 14.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Gelombang perwira senior tentara lainnya di Gaza, yang tergabung dalam unit yang sama juga telah mengundurkan diri. Unit ini bertanggung jawab untuk memberikan informasi tentang tentara pendudukan Israel.

Tentara Israel saat melakukan operasi militer di Gaza, Palestina

Photo :
  • AP Photo/Ariel Schalit
Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Mereka yang mengundurkan diri termasuk orang kedua di tim Hagari, Moran Katz, seorang warga sipil yang bekerja sebagai juru bicara tentara pendudukan Israel dengan pangkat kolonel.

"Segala sesuatunya tidak berjalan baik-baik di tingkat profesional maupun pribadi," kata Katz, dikutip dari Middle East Monitor, Selasa, 5 Maret 2024.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Di antara mereka yang mengumumkan pengunduran diri mereka adalah Jenderal Richard Hecht, juru bicara militer Israel untuk urusan media luar negeri.

Hecht, kelahiran Skotlandia, adalah seorang veteran dan mengumumkan pengunduran dirinya setelah posisinya digantikan, yang diduga diberitahukan dengan cara yang kasar.

Merav Granot pun mengundurkan diri setelah tidak dipromosikan, bersama Tzupia Moshkovich.

Sebelum Hagari ditunjuk sebagai juru bicara tentara pendudukan, ia memimpin unit komando marinir Shayetet 13 dan menjadi asisten Kepala Staf Gadi Eisenkot. Sebelumnya, ia juga pernah menjadi kepala kantor Kepala Staf dan kini anggota parlemen, Benny Gantz.

Hagari ditunjuk sebagai juru bicara militer meskipun tidak memegang posisi apa pun di unit tersebut. Hal ini biasa terjadi, namun hubungannya dengan mantan kepala staf yang tergabung dalam partai politik tertentu menimbulkan pertanyaan dan menimbulkan keresahan di dalam unit tersebut.

Namun, kemungkinan besar dialah yang menjadi alasan pengunduran diri beberapa pejabat senior.

Jubir IDF Laksamana Muda Daniel Hagari

Photo :
  • Times of Israel

Menurut jurnalis Israel Now 14, Morag, masalahnya menjadi rumit karena ini adalah rezim militer, dan terkadang pejabat mencapai usia pensiun dan meninggalkan jabatannya tanpa alasan tertentu.

Namun demikian, jumlah pejabat yang mengumumkan pensiun pada suatu waktu selama perang sangatlah luar biasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya