Bea Cukai Berhasil Gagalkan 6 Warga India yang Mau Seludupkan 87 Hewan Dilindungi Untuk Dijual Liar

Hewan yang dilindungi diseludupkan di Thailand
Sumber :
  • DW

Thailand – Puluhan hewan dilindungi dan langka telah ditemukan oleh petugas bea cukai Thailand pada hari Rabu di Bandara Internasional Suvarnabhumi Bangkok, sehingga mendorong pihak berwenang untuk menangkap enam warga negara India karena dicurigai melakukan penyelundupan hewan. 

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Panda merah yang tergolong spesies terancam punah karena hilangnya habitat dan perburuan, terlihat mengintip dari keranjang penyimpanan dalam foto yang dirilis departemen bea cukai. 

Para petugas menemukan hewan dilindungi lainnya yang ditempatkan di bagasi terdaftar, termasuk ular, burung beo, dan kadal liar. Foto-foto tersebut menunjukkan bak plastik berisi kadal dan ular yang melingkar di dalam tas kain.

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

Hewan yang dilindungi diseludupkan di Thailand

Photo :
  • DW

“Kami telah menemukan bahwa hewan-hewan tersebut termasuk 29 biawak tenggorokan hitam, 21 ular, 15 burung, termasuk burung beo. Totalnya ada 87 hewan. Hewan-hewan itu disembunyikan di dalam bagasi,” kata departemen tersebut dalam sebuah pernyataan, melansir DW, Kamis, 7 Maret 2024.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Semua hewan yang ditemukan dilindungi oleh perjanjian multilateral, yang disebut CITES, untuk melindungi tumbuhan dan hewan yang terancam punah dari ancaman perdagangan internasional.

Para tersangka berusaha naik pesawat ke Mumbai dari Bangkok. 

Bangkok Post melaporkan bahwa para tersangka telah didakwa melakukan penyelundupan satwa liar, pengendalian penyakit hewan dan pelanggaran perikanan. Mereka juga didakwa melanggar undang-undang bea cukai, menurut surat kabar tersebut. 

Para tersangka akan menghadapi hukuman maksimal 10 tahun penjara dan dipaksa harus membayar denda sebesar empat kali lipat jumlah bea masuk. 

Hewan yang dilindungi diseludupkan di Thailand

Photo :
  • DW

Seperti diketahui, Thailand adalah salah satu negara sebagai pusat transit utama bagi penyelundup satwa liar, yang kemudian sering menjual hewan tersebut ke China dan Vietnam. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, terjadi peningkatan perdagangan satwa liar ke India.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya