Media Asing Sebut RI Capai Kesepakatan Normalisasi Hubungan dengan Israel

VIVA Militer: Bendera Israel
Sumber :
  • Moderate Rebels

Jakarta – Media pemberitaan Israel, Jewish Insider, mempublikasikan pemberitaan pada Rabu, 6 Maret 2024, yang mengatakan bahwa beberapa pejabat Indonesia telah secara diam-diam bertemu dengan pejabat Israel.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

"Selama beberapa bulan, Yerusalem dan Jakarta telah berupaya mencapai kesepakatan normalisasi, termasuk pertemuan di negara ketiga, yang berpuncak dengan kunjungan Andi Widjajanto, penasihat presiden Indonesia ke Yerusalem," tulis media tersebut.

Andi Widjajanto

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham
Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Menurut media Israel, kedua belah pihak menyusun nota kesepahaman pada 21 September, untuk membuka kantor perdagangan dan memungkinkan lebih banyak warga Israel mendapatkan visa untuk mengunjungi negara Asia Tenggara untuk urusan bisnis.

Mereka juga mengklaim bahwa jalur komunikasi belakang antara Widjajanto dan Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri saat itu, Ronen Levy, memainkan peran penting dalam hubungan kedua negara, melalui pengusaha Joey Allaham yang berbasis di New York.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Namun, lebih dari dua minggu setelah kedua belah pihak menyetujui teks MoU, normalisasi Israel-Indonesia dibatalkan akibat perang.

VIVA Militer: Tentara Israel di wilayah Khan Younis, Gaza, Palestina

Photo :
  • thesun.ie

Kemudian, kesempatan MOU itu dimanfaatkan sebagai jalur belakang untuk tujuan baru yakni menyelamatkan warga Indonesia yang terjebak di Gaza.

"Kontak mediasi yang terus berlanjut antara Jakarta dan Yerusalem telah membuka pintu bagi pembentukan hubungan diplomatik sehubungan dengan upaya Indonesia untuk bergabung dengan Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD)," tulis media tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya