5 Tank Monster! Inilah Militer dengan Kendaraan Tempur Berlapis Baja Terkuat di Dunia

Kendaraan Tempur Bradley dari Amerika.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Kendaraan tempur berlapis baja merupakan tulang punggung pasukan darat dalam menjalankan operasi tempur modern. Dengan kemampuan perlindungan yang kuat dan daya tembak yang mematikan, negara-negara di seluruh dunia terus mengembangkan dan memperbarui kendaraan tempur mereka untuk menjaga keunggulan militer. Dikutip dari Insider Monkey, berikut adalah beberapa militer dengan kendaraan tempur paling lapis baja di dunia.

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

5. Perancis - Kendaraan Tempur Lapis Baja: 85,023

Tentara Prancis adalah yang paling kuat di Eropa dalam hal kekuatan pasukan daratnya. Komitmen negara untuk mempertahankan militer modern dan kompeten adalah bukti perannya sebagai kontributor utama keamanan benua.

Nilai 3 Artefak Langka Zaman Majapahit yang Dicuri Capai Rp 46 Miliar

Saat ini menawarkan armada lebih dari 85.000 kendaraan tempur lapis baja, dengan Kendaraan Tempur Infanteri VBCI (IFV) menjadi kendaraan lapis baja utama yang dioperasikan oleh negara, yang menawarkan mobilitas tinggi dan perlindungan anti-ranjau dan balistik maksimum.

4. India - Kendaraan Tempur Lapis Baja: 151,248

AS Kembalikan Barang Antik Milik Indonesia yang Dicuri, Ada 3 Artefak Majapahit

Selanjutnya adalah India, dengan lebih dari 150.000 kendaraan tempur lapis baja, yang mencerminkan statusnya sebagai kekuatan global utama dan pemain kunci di wilayah Asia Selatan. Pada November tahun lalu, India bergandengan tangan dengan Amerika Serikat untuk memproduksi kendaraan lapis baja Stryker di India.

Langkah ini dilihat oleh para analis sebagai contoh terbaru dari kerja sama teknologi militer antara dua negara sahabat di tengah perselisihan perbatasan yang sedang berlangsung antara New Delhi dan Beijing.

3. Rusia - Kendaraan Tempur Lapis Baja: 161,382

VIVA Militer: Kendaraan tempur lapis baja BMPT Terminator militer Rusia

Photo :
  • military-wiki.com

Rusia adalah salah satu militer dengan kendaraan tempur lapis baja terbanyak di dunia, dengan ukuran armada 161.382 AFV. Negara ini memiliki armada tank tempur terbesar di dunia (14.777), dan sejumlah besar kendaraan tempur infanteri dan pengangkut personel lapis baja.

Meskipun demikian, AFV Rusia telah menderita kerugian besar dalam perang yang sedang berlangsung di Ukraina, dan menurut sebuah laporan di Forbes, Kremlin dapat kehabisan kendaraan tempur infanterinya dalam dua hingga tiga tahun ke depan jika terus kehilangan mereka pada tingkat ini. Lebih dari 2.000 dari 4.000 BMP-1 yang masuk ke perang pada Februari 2022 telah diambil oleh Ukraina.

2. Cina - Kendaraan Tempur Lapis Baja: 174,300

Cina memiliki jumlah kendaraan tempur lapis baja terbanyak kedua di dunia. Negara ini memiliki armada tank tempur terbesar keempat di dunia, dengan sekitar 5.000 tank di gudang senjatanya.

Tipe 99 dan Tipe 96 adalah tank paling canggih dan andalan yang dimiliki China, sedangkan tank Tipe 15 atau Black Panther, adalah salah satu tank terbaru yang dioperasikan oleh PLA. Kendaraan tempur infanteri ZBD-04A adalah AFV utama yang digunakan oleh militer Tiongkok. Itu juga memiliki sejumlah besar pengangkut personel lapis baja di gudang senjatanya.

1. Amerika Serikat - Kendaraan Tempur Lapis Baja: 360.069

VIVA Militer: Kendaraan Tempur Bradley buatan Amerika Serikat

Photo :
  • defense.gov

Militer Amerika Serikat memiliki jumlah kendaraan tempur lapis baja terbanyak di dunia, dengan ukuran armada lebih dari 360.000, yang lebih dari dua kali lipat dari apa yang dimiliki China di tempat kedua. M1 Abrams dan variannya adalah tank tempur utama yang dioperasikan oleh Angkatan Darat AS. Ini adalah tank paling canggih dan canggih di dunia saat ini. 

Ketika datang ke kendaraan tempur infanteri, M2 Bradley dan Stryker adalah dua kendaraan tempur lapis baja utama yang digunakan oleh Angkatan Darat. Keduanya datang dengan kemampuan daya tembak yang mengesankan dan mobilitas tinggi sambil juga memberikan perlindungan yang lebih besar kepada para pejuang perang di dalam. AS juga memiliki beberapa ribu pengangkut personel lapis baja, dengan M113 masih terus menjadi andalan Angkatan Darat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya