AS Berkata Pantau Pemilu Indonesia, dan Akan Lanjutkan Kerjasama dengan Prabowo

VIVA Militer: Presiden Amerika Serikat, Joe Biden
Sumber :
  • foreignpolicy.com

AS – Gedung Putih Amerika Serikat mengatakan pihaknya berharap dapat bekerja sama dengan pemerintahan Indonesia yang akan datang, namun memang belum memberikan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam pemilihan presiden Indonesia bulan lalu. 

Kritik Menohok Masinton soal Ide Presidential Club: Omon-omon Ketemu, Terus Ngapain?

"Kami mengucapkan selamat kepada masyarakat Indonesia atas suksesnya pemilu. Presiden (AS) menantikan keterlibatan awal dengan pemerintahan baru dan memperkuat kerja sama kita dalam kemitraan strategis,” kata John Kirby, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih dalam pengarahan Gedung Putih melansir VOA, Jumat, 7 Maret 2024. 

Prabowo Subianto

Photo :
  • Istimewa
Pakar Ragukan Ide Presidential Club Prabowo: Ada Tembok Tebal yang Susah Diterabas

Kirby mengatakan pemerintahnya terus memantau penghitungan suara yang sedang berlangsung.

Seperti diketahui, calon nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat ini memimpin secara signifikan. Dengan hampir 90% suara telah dihitung, Prabowo menguasai hampir 59% dari lebih dari 150 juta suara.

Ganjar: Manusia Mati Sekali tapi kalau Politisi Bisa Mati Berkali-kali

“Kami telah menjalin kerja sama yang sangat baik dengan dia (Prabowo) sejak dia menjabat sebagai menteri pertahanan, dan jika dia akhirnya terpilih, maka kami berharap dapat melanjutkan hubungan itu,” kata Kirby. 

Sejak ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo telah sering mengunjungi Amerika Serikat atas undangan dari pemerintahan Trump maupun Biden. 

Ketika ditanya tentang potensi kemunduran demokrasi di Indonesia, Kirby mengatakan pemerintah “tidak akan pernah mundur dari keprihatinan kami mengenai perlunya hak asasi manusia, hak-hak sipil, dan semua nilai-nilai lembaga demokrasi”. Dia menekankan bahwa Presiden Joe Biden “sama sekali tidak akan segan-segan” mengungkapkan keprihatinan tersebut. 

John Kirby (Doc: ANews)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Dalam acara Mandiri Investment Forum di Jakarta, Selasa, Prabowo mengaku akan dilantik sebagai presiden pada Oktober mendatang.

Dia menjanjikan kelancaran perpindahan pemerintahan. “Saya yakin transisi ini akan sangat lancar karena seperti yang kita tahu dari ketiga kandidat, tim saya terbuka untuk mengakui bahwa kami adalah bagian dari Tim Jokowi,” ujarnya. “Kami tidak malu.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya