5 Negara dengan Konsumen Kurma Israel Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk?

Kurma
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Israel merupakan salah satu negara yang mengekspor kurma terbesar di dunia dari Timur Tengah. Diketahui, Israel bisa mengekspor kurma sampai menyentuh angka US$181,2 juta atau setara dengan Rp2,8 triliun ke berbagai negara di dunia. 

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Salah satu merek kurma yang terkenal berasal dari Israel adalah Medjool. Kurma yang satu ini dinilai sebagai salah satu produk terbaik dengan usia simpan yang cukup panjang. Selain itu, Medjool juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. 

Melansir dari laman Fresh Plaza, negara yang menghasilkan dan mengekspor kurma Medjool ini berencana akan meningkatkan ekspor ke wilayah negara-negara Asia tanpa mengabaikan pasar Eropa yang selama ini memang menjadi target pasar mereka. 

BI Catat Modal Asing Kabur dari RI Pekan Keempat April Capai Rp 2,47 Triliun

Kepala Pengembang Bisnis dari Israel Dates Board, Gal Twig, mengatakan bahwa kurma Medjool Israel ini terkenal dan paling dicari di Eropa. Twig menambahkan, pasar Tiongkok akan kembali dibuka untuk Israel yang mengalami peningkatan ekspor kurma pada musim ini. 

Selain itu, pemerintah Israel dan Vietnam sedang menuju perjanjian perdagangan kurma tersebut di masa depan. Apabila Vietnam telah menandatangani perjanjian tersebut, maka kurma Medjool Israel akan dijual di pasar negara tersebut. 

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Lantas, publik pun penasaran dengan daftar negara yang selama ini paling banyak mengimpor kurma dari Israel tersebut. Nah, untuk kamu yang penasaran berikut adalah ulasan selengkapnya yang dilansir dari laman Agrifood Marketing. 

1. Amerika Serikat

Ilustrasi kurma.

Photo :

Amerika Serikat menjadi salah satu pasar terbesar bagi kurma Israel. Permintaan konsumen Amerika terhadap produk-produk makanan internasional, termasuk kurma, terus meningkat seiring dengan meningkatnya kesadaran akan manfaat kesehatan dan keanekaragaman kuliner. 

2. Perancis

Kurma

Photo :
  • Pixabay/ Vesiraja

Perancis, dengan pasar makanan yang terkenal di seluruh dunia, juga merupakan salah satu konsumen utama kurma Israel. Budaya Perancis yang kaya akan kuliner membuat kurma Israel menjadi pilihan yang menarik bagi orang-orang Perancis yang mencari pengalaman gastronomi yang berbeda. 

3. Jerman

Kurma, buah yang menjadi idola di bulan Ramadan.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jerman, sebagai salah satu negara terbesar di Eropa, juga memainkan peran penting dalam konsumsi kurma Israel. Pasar makanan internasional yang berkembang pesat di kota-kota besar Jerman menawarkan berbagai pilihan kurma Israel kepada para konsumen. 

4. Belanda

Kurma

Photo :
  • VIVA.co.id/ Rintan Puspitasari

Belanda, sebagai pusat perdagangan internasional dan distribusi makanan di Eropa, juga menjadi salah satu konsumen utama kurma Israel. Distributor makanan besar dan pasar swalayan di Belanda seringkali menyediakan kurma Israel dalam jumlah besar untuk memenuhi permintaan konsumen domestik serta untuk diekspor ke negara-negara lain di Eropa.

5. Italia

Kurma, menjadi salah satu makanan sehat dalam berpuasa.

Photo :

Italia, terkenal dengan warisan kuliner yang kaya dan kecintaannya terhadap makanan berkualitas tinggi, juga merupakan pasar yang signifikan bagi kurma Israel. Meskipun Italia memiliki berbagai jenis buah-buahan lokal yang sangat dihargai, kurma Israel menjadi salah satu tambahan menarik bagi konsumen Italia yang mencari variasi dalam diet sehat mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya