Partai Baru Korea Selatan Usulkan Wajib Militer Bagi Wanita Muda di Negaranya

VIVA Militer: Ilustrasi Tentara wanita Rusia
Sumber :
  • beautypageants.in

Korea Selatan – Seperti diketahui, Korea Selatan adalah salah satu negara yang mewajibkan setiap laki-laki muda di negaranya untuk melakukan wajib militer.

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Nah, baru-baru ini sebuah partai konservatif baru bernama Partai Pilihan Baru yang didirikan di Korea Selatan menjelang pemilihan umum pada bulan April, telah memicu perdebatan tentang masa depan militer negara tersebut dengan menyerukan untuk perempuan juga ikut menyelesaikan wajib militer jika mereka ingin kemudian berkarir di kepolisian, pemadam kebakaran atau layanan masyarakat. 

Saat ini, semua laki-laki Korea yang kesehatannya telah lolos tes diwajibkan untuk bertugas setidaknya 18 bulan di salah satu cabang angkatan bersenjata negara tersebut, namun semua anggota militer perempuan adalah sukarelawan. 

Ini Alasan Nathan Tjoe-A-On tak Ambil Penalti saat Timnas Indonesia Tekuk Korea Selatan

VIVA Militer: Tentara Korea Selatan

Photo :
  • Website Newsweek

Kebijakan tersebut masih dapat dipertahankan bagi angkatan bersenjata sampai saat ini. Namun, karena populasi yang menyusut, kebijakan tersebut akan menjadi tidak berkelanjutan bagi pertahanan nasional, kata para pemimpin Partai Pilihan Baru baru-baru ini ketika mereka memulai kampanye pemilu mereka. 

Tentara Israel Jatuh Cinta ke Intel Iran yang Nyamar Jadi Wanita, Bocorkan Rahasia Militer

Saat mengumumkan platform partai tersebut pada akhir Januari, kedua pendiri, Keum Tae-sup dan Ryu Ho-jeong mengatakan bahwa mereka mewajibkan perempuan untuk menyelesaikan layanan wajib militer dan membantu menyelesaikan konflik gender dalam masyarakat Korea serta memperkuat angkatan bersenjata negara tersebut. 

Saat ini, sekitar 360.000 pria dan wanita bertugas di angkatan darat Korea Selatan, menghadapi tentara Korea Utara yang berkekuatan 1,1 juta orang di perbatasan yang dijaga ketat.

Namun, karena angka kelahiran di Korea Selatan terus menurun, diperkirakan angkatan bersenjata Korea Selatan hanya akan memiliki 290.000 personel militer yang dapat dipanggil dalam satu dekade dan hanya 190.000 dalam 20 tahun dari sekarang. 

Korea Utara, bagaimanapun, masih memiliki pasukan tetap yang berjumlah lebih dari 1 juta pria dan wanita. “Gender adalah topik hangat di Korea Selatan saat ini, terutama menjelang pemilu,” kata Kim Seong-kyung, profesor di Universitas Studi Korea Utara di Seoul. 

“Pada pemilu lalu, ancaman yang ditimbulkan oleh Korea Utara menjadi agenda utama dan memenangkan atau kalah suara bagi partai-partai, namun kami juga melihat perempuan semakin mendapatkan suara dan penyebaran feminisme di masyarakat Korea ketika perempuan berbicara menentang dunia maya. -penindasan karena gender dan masalah serupa lainnya," katanya kepada DW, dilansir Kamis, 7 Maret 2024.

"Tetapi ketika perempuan muda bersuara dan kami melihat gerakan MeToo di sini, laki-laki muda bereaksi terhadap hal itu,” katanya. 

VIVA Militer: Tentara wanita Rusia

Photo :
  • beautypageants.in

“Mereka adalah para pemuda yang merasa sistem patriarki bangsa sudah tidak ada lagi, kehidupan mereka sungguh sulit, hanya mereka yang mempunyai tanggung jawab, dan rasa marah karena hanya laki-laki yang harus bertugas di militer.” 

Kebijakan Partai Pilihan Baru lainnya yang terbukti berhasil adalah usulan untuk membatalkan skema yang memungkinkan para pensiunan untuk bepergian secara gratis dengan sistem kereta bawah tanah Seoul, yang menurut partai tersebut menambah beban bagi pekerja laki-laki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya