Drama Penyelamatan Menegangkan! Angkatan Laut India Bebaskan Kru Kapal dari Bajak Laut Somalia

VIVA Militer: Kapal fregat tentara India.
Sumber :

VIVA – Angkatan laut India mengatakan telah merebut kembali sebuah kapal dari bajak laut Somalia di lepas pantai India pada hari Sabtu, menyelamatkan kru dan mengakhiri pengambilalihan kapal curah MV Ruen selama tiga bulan, dikutip dari The Guardian.

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Pembajakan pada Desember 2023 adalah pertama kalinya sejak 2017 setiap kapal kargo berhasil dinaiki oleh bajak laut Somalia.

Pelaut Indonesia Diserang Bajak Laut di Perairan Somalia

Photo :
  • Tangkapan Layar
Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

“Kapal perang India Kolkata dalam 40 jam terakhir, melalui aksi bersama berhasil memojokkan dan memaksa semua 35 Bajak Laut untuk menyerah dan memastikan evakuasi yang aman dari 17 anggota kru,” kata angkatan laut.

Seorang angkatan laut mengatakan, pasukan India pertama kali mencegat MV Ruen pada hari Jumat. Kapal itu menembaki kapal perang, yang mengambil tindakan [sesuai dengan] hukum internasional, untuk membela diri dan untuk melawan pembajakan, dengan kekuatan minimal yang diperlukan untuk menetralisir ancaman bajak laut terhadap pengiriman dan pelaut.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Seorang angkatan laut menambahkan, tidak ada anggota kru yang diselamatkan yang terluka dalam operasi, yang dilakukan oleh beberapa kapal angkatan laut bersama dengan helikopter dan pesawat lainnya.

“Keberhasilan besar tidak hanya untuk kami, tetapi untuk seluruh komunitas maritim global. Resolusi kasus ini membuktikan bahwa keamanan pengiriman komersial tidak akan dikompromikan,” ungkap pemilik Bulgaria Navibulgar memuji pembebasan Ruen.

Kementerian luar negeri Bulgaria mengatakan sedang mencari “kembalinya cepat” dari tujuh warga negara yang diselamatkan. Kru lainnya adalah sembilan orang Burma dan satu orang Angola.

Kapal bajakan itu direbut kembali hampir 1.400 mil laut, atau 2.600 km, dari pantai India, menurut militer.

Angkatan laut India telah memantau MV Ruen sejak direbut oleh bajak laut Somalia 380 mil laut timur pulau Socotra di Yaman.

Para bajak laut, yang pada saat itu membebaskan satu pelaut Bulgaria yang terluka ke dalam perawatan angkatan laut India, telah membawa MV Ruen dan 17 anggota kru yang tersisa ke negara bagian semi-otonom Puntland di Somalia, di mana angkatan laut India mengatakan ditambatkan di kota Bosaso.

VIVA Militer: KRI RE Martadinata-331 bertolak ke India

Photo :
  • Dispen Koarmada I

Militer India telah meningkatkan upaya anti-pembajakan dalam beberapa bulan terakhir setelah peningkatan serangan maritim, termasuk di Laut Arab dan oleh pemberontak Houthi yang didukung Iran dari Yaman di Laut Merah.

Serangan bajak laut di lepas pantai Somalia memuncak pada tahun 2011 dengan orang-orang bersenjata melancarkan serangan sejauh 3.655 kilometer (2.271 mil) dari pantai Somalia di Samudra Hindia, sebelum jatuh tajam dalam beberapa tahun terakhir.

Serangan Desember 2023 mengikuti lonjakan serangan laut bersenjata di sekitar Tanduk Afrika yang tidak terlihat selama bertahun-tahun. Analis mengatakan pembajakan Somalia sama sekali tidak mendekati ancaman yang dilakukannya pada tahun 2011, ketika angkatan laut di seluruh dunia merespons, tetapi kenaikan baru-baru ini telah menimbulkan kekhawatiran lebih lanjut tentang keamanan laut dan pengiriman pada saat koridor perdagangan penting di luar Yaman telah dikepung.

Bajak laut Somalia secara tradisional berusaha menangkap “kapal induk”, dhow bermotor atau pukat nelayan yang mampu berlayar lebih jauh di mana mereka dapat menargetkan kapal yang lebih besar.

Sejak serangan Houthi, kata para ahli, kapal kargo menjadi lebih rentan terhadap serangan karena mereka melambat untuk menunggu instruksi apakah akan melanjutkan ke Laut Merah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya