Pemimpin Fatah Marwan Barghouti Dipukuli Sipir Penjara Israel

Marwan Barghouthi (Doc: The New Arab)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Tel AvivPemimpin senior Fatah, Marwan Barghouti dilaporkan telah dipukuli dengan pentungan oleh penjaga penjara Israel selama dia dikurung sendirian di penjara Megiddo Israel. Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) itu menuduh Israel telah membahayakan nyawanya.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Keluarga Barghouti dan Komisi Urusan Tahanan dan Mantan Tahanan Palestina mengatakan dia menderita luka serius akibat serangan itu, dan meminta dukungan dari komunitas internasional.

Qadura Fares, ketua Komisi Urusan Tahanan dan Mantan Tahanan Palestina, mengatakan kepada surat kabar Israel Haaretz bahwa mereka khawatir dengan status kesehatan Barghouti yang berusia 65 tahun.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

"Kekhawatirannya adalah setelah 21 tahun dipenjara dia akan tiba-tiba meninggal, dan mereka akan mengatakan hal itu terjadi karena alasan medis,” kata Fares, dikutip dari The New Arab, Rabu, 20 Maret 2024.

Menara Penjara Israel

Photo :
  • Jerrusalem Post
Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

Fares dan istri Barghouti, Fadwa, telah berkampanye untuk pembebasan Barghouti sejak sebelum perang 7 Oktober, setelah bertemu dengan para pejabat di Mesir dan Yordania.

Barghouti diketahui dipindahkan ke sel isolasi bulan lalu, setelah para pejabat Israel diduga khawatir bahwa pemimpin politik tersebut mengoordinasikan pemberontakan di Tepi Barat, di tengah meningkatnya ketegangan atas serangan Israel yang hampir terjadi setiap hari.

Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Israel Itamar Ben-Gvir bertanggung jawab atas penjara dan mengawasi pergerakan Barghouti ke sel isolasi.

Dalam beberapa pekan terakhir, muncul spekulasi bahwa Hamas telah memasukkan Barghouti ke dalam daftar tahanan yang ingin ditukarkan sebagai bagian dari kesepakatan gencatan senjata antara Hamas dan Israel, yang dapat menyebabkan pembebasan hingga 1.000 tahanan.

Sejak pecahnya perang, ia menjadi sasaran perlakuan yang lebih keras antara Israel dan Hamas pada bulan Oktober, yang memicu kampanye penindasan dan pelecehan yang lebih luas terhadap warga Palestina di penjara-penjara Israel.

13 Tahanan Palestina di Israel Tewas  

Setidaknya 13 tahanan telah tewas dalam tahanan Israel sejak 7 Oktober, sementara kelompok hak asasi manusia telah mencatat peningkatan laporan penyiksaan dan pelecehan di bawah pengawasan Israel.

Pusat Hak Asasi Manusia Palestina juga menyerukan penyelidikan independen atas kematian Abdul-Rahman Bassem al-Bahsh, yang meninggal dalam tahanan Israel di penjara Megiddo, tempat Barghouti ditahan, pada bulan Januari lalu.

Israel membebaskan 39 tahanan sandera Palestina selama gencatan senjata

Photo :
  • AP Photo/Mahmoud Illean

PCHR, dan LSM Al Mezan dan Al-Haq telah menerima berbagai laporan tentang penyiksaan dan penyerangan terhadap tahanan Palestina di Megiddo.

Kepala Klub Tahanan Palestina Abdullah al-Zaghari mengatakan dua tahanan lainnya juga menjadi sasaran serangan serius oleh penjaga.

Al-Zaghari menambahkan bahwa operasi penyiksaan sistematis Israel telah meningkat intensitasnya sejak 7 Oktober dan berisiko menyebabkan kematian lebih banyak tahanan.

Sekretaris Jenderal Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina Hussein al-Sheikh pada hari Senin, 18 Maret 2024, menulis di media sosial X bahwa Barghouti telah mengalami isolasi, penyiksaan, upaya untuk memaksa, mempermalukan dan memukulinya, sehingga membahayakan nyawanya.

Al-Sheikh juga meminta masyarakat internasional untuk menghentikan tindakan represif terhadap tahanan dan pemimpin Palestina di penjara pendudukan, melindungi mereka dan segera membebaskan mereka.

Barghouthi dianggap sebagai salah satu tahanan paling terkenal di Israel dan akibatnya dia harus menjalani kondisi yang keras seperti kurungan isolasi yang lama.

Dia telah dipenjara sejak tahun 2002, menerima lima hukuman seumur hidup karena memimpin faksi militan Fatah, Tanzim, selama Intifada Pertama dan Kedua, atau pemberontakan, melawan pendudukan ilegal Israel di Tepi Barat, yang dianeksasi pada tahun 1967.

Layanan penjara Israel dalam komentar yang dimuat oleh Haaretz mengatakan informasi palsu telah dipublikasikan mengenai tahanan keamanan Marwan Barghouti"

Dikatakan bahwa layanan tersebut beroperasi sesuai dengan hukum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya