10 Negara Afrika dengan Armada Pesawat Militer Terbesar Tahun 2024

Ilustrasi pesawat militer Afrika
Sumber :
  • Business Insider Africa

VIVA – Pesawat militer telah menjadi bagian fundamental dari kekuatan militer sejak pertengahan abad ke-20. Di Afrika, pesawat-pesawat ini telah menjadi aset yang tak tergantikan bagi arsitektur keamanan benua itu, menyediakan kemampuan penting untuk pertahanan, misi pemeliharaan perdamaian, pengawasan, dan bantuan kemanusiaan.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Dikutip dari Business Insider Africa, sebelumnya telah menjelajahi kekuatan militer dari 10 negara Afrika pada tahun 2024 berdasarkan penilaian Global Firepower. 

Indeks tersebut menilai kekuatan militer dari 145 negara, dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti volume dan tingkat kemajuan peralatannya, keuangan, geografi, dan sumber daya.

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

Namun, penilaian militer tidak hanya mencakup kekuatan semata. Dalam situs tersebut juga membahas pengeluaran pertahanan tahunan dari setiap negara dan seberapa pentingnya anggaran tersebut dalam pemeliharaan dan pengadaan peralatan militer termasuk tank, amunisi, dan pesawat.

Terutama, dalam bidang penerbangan militer, beberapa negara Afrika menonjol dengan armada pesawat yang mengesankan, mulai dari pesawat tempur dan pembom hingga pesawat angkut dan helikopter.

Arab Saudi Dirikan Maskapai Baru, Rute Riyadh-Afrika Akan Terealisasi

Mesir terkenal karena memiliki salah satu angkatan udara yang paling tangguh di benua itu, dengan stok pesawat sebanyak 1080, menurut laporan dari Global Firepower. Aljazair dan Angola mengikuti dengan stok pesawat masing-masing sebanyak 605 dan 297.

Menurut laporan tersebut, berbagai jenis pesawat sayap tetap dan berputar (helikopter) diperhitungkan dari semua cabang layanan (Angkatan Udara, Penerbangan Angkatan Darat, Angkatan Laut, Marinir). 

Berbagai jenis pesawat yang juga diperhitungkan meliputi pesawat tempur (multi-peran, penangkap), pesawat latih (dasar, lanjutan), pesawat angkut (sayap tetap dan helikopter), pembom dan penyerang darat yang didedikasikan, platform misi khusus, dan lain-lain.

Namun, pesawat yang sedang dalam pengembangan atau pesanan menuju tahun mendatang tidak termasuk dalam evaluasi tersebut. Berikut peringkat negara Afrika dengan armada pesawat militer terbesar tahun 2024.

10 Negara Afrika dengan Armada Pesawat Militer Terbesar Tahun 2024

Photo :
  • Business Insider Africa
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya