18 Juta Orang di Sudan Menghadapi Krisis Pangan Akut di Tengah Konflik

18 Juta Orang di Sudan Menghadapi Krisis Pangan Akut di Tengah Konflik
Sumber :
  • Anadolu Ajansi

VIVA – Selama setahun terakhir sejak konflik di Sudan pecah, situasi kerawanan pangan telah mencapai situasi yang sangat mengerikan, terutama di beberapa daerah yang sulit dijangkau, Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) memperingatkan pada hari Selasa 16 April 2024.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

“Pada bulan Februari 2024, kenyataan yang mengerikan menunjukkan bahwa hampir 18 juta orang menghadapi kerawanan pangan pada tingkat akut, dan 4,9 juta di antaranya berisiko besar mengalami bencana jika konflik terus berlanjut dan bantuan kemanusiaan tidak diberikan,” kata Adam Yao, wakil perwakilan FAO di Sudan.

Warga Sudan menerima bantuan pangan dari Program Pangan Dunia.

Photo :
  • WFP Photo.
Ngeri, Ada Ramalan Jayabaya Diduga Sebut Tanda Perang Dunia Ketiga

“Permusuhan yang sedang berlangsung secara brutal merusak produksi pertanian dan membahayakan penghidupan masyarakat,”lanjutnya.

Dilansir dari Anadolu Ajansi pada Rabu 17 April 2024,Yao mengatakan bahwa 60 hingga 80% penduduk bergantung pada atau terlibat dalam pertanian untuk mendapatkan penghasilan dan dampaknya sangat buruk.

5 Fakta Tersembunyi Hubungan Iran dan Israel, Pernah Seharmonis Ini

Menurut temuan awal Laporan Penilaian Pasokan Tanaman dan Pangan Tahunan Sudan, produksi sereal turun 46% dari tahun sebelumnya. Jumlah tersebut sekitar 40% di bawah rata-rata lima tahun sebelumnya.

Di Negara Bagian Darfur Barat, terjadi kegagalan panen selama musim tanam karena ketidakamanan.

FAO mengatakan bahwa menjelang musim tanam utama, sangat penting untuk memberikan dukungan untuk produksi darurat sereal utama lokal seperti sorgum, millet, wijen, dan banyak lagi.

“Kegagalan untuk melakukan hal ini dapat mengakibatkan kelaparan mencapai tingkat baru yang melampaui kemampuan kita untuk melakukan mitigasi,” kata Yao.

FAO segera mencari dana sebesar $104 juta (1,7 Triliun) untuk meningkatkan produksi pangan, melindungi ternak dan membantu pemulihan sektor pertanian sebelum konflik menghancurkan hasil yang telah diperoleh dari generasi ke generasi.

Organisasi tersebut mengatakan keberhasilan dari kampanye distribusi benih darurat pada tahun 2023 menunjukkan peran dukungan pertanian yang sangat diperlukan di saat krisis.

“Sekarang, lebih dari sebelumnya, rakyat Sudan tidak boleh gagal. Dukungan yang mereka perlukan sangat mendesak dan tidak dapat ditawar lagi,” kata Yao.

Perang di Sudan pecah pada tanggal 15 April 2023 karena perbedaan pendapat mengenai pengintegrasian Pasukan Dukungan Cepat (RSF) ke dalam angkatan bersenjata.

Konflik tersebut telah menyebabkan krisis kemanusiaan yang menghancurkan dan bentrokan telah menewaskan hampir 16.000 orang dan membuat jutaan orang mengungsi.​​​​​​​

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya