Iran Tutup Fasilitas Nuklir, PBB Duga Peristiwa Menyeramkan Ini Bakal Terjadi

VIVA Militer: Bendera Republik Islam Iran
Sumber :
  • Edarabia

Taheran – Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengumumkan bahwa Iran telah menutup sementara fasilitas nuklirnya. Langkah ini diambil sebagai langkah keamanan setelah serangan rudal dan drone besar-besaran terhadap Israel pada akhir pekan sebelumnya.

Soal Foto Kopi Pro Israel, Zita Anjani Singgung Boleh Mengingatkan Tapi Tidak Menghakimi

Dilansi dari BBC, Rabu, 17 April 2024, di dalam sebuah pernyataan kepada wartawan di sela-sela pertemuan Dewan Keamanan PBB, Ketua IAEA Rafael Grossi menyatakan kekhawatirannya terhadap kemungkinan serangan Israel terhadap fasilitas nuklir Iran sebagai balasan atas serangan tersebut.

Grossi menyampaikan, "Kami selalu prihatin dengan kemungkinan ini. Yang bisa saya sampaikan adalah bahwa pemeriksa kami di Iran telah diberitahu oleh pemerintah Iran bahwa hari sebelumnya (Minggu), semua fasilitas nuklir yang kami periksa setiap hari akan tetap ditutup karena alasan keamanan."

Posting Foto Gelas Starbucks saat Umroh Dikecam, Zita Anjani Tantang Balik Masyarakat Untuk Ini

VIVA Militer: Ahli nuklir Iran, Letnan Kolonel Said Thamardar Mutlak

Photo :
  • israelhayom.com

Grossi mengatakan fasilitas tersebut dibuka kembali pada Senin, tetapi pengawas baru akan kembali keesokan harinya.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

"Saya memutuskan untuk tidak membiarkan para inspektur kembali sampai kami melihat situasi benar-benar tenang," tambahnya.

Iran meluncurkan lebih dari 300 drone dan rudal ke Israel pada malam hari dari Sabtu hingga Minggu. Serangan ini dilakukan sebagai pembalasan atas serangan udara terhadap gedung konsulat di Damaskus yang menewaskan tujuh anggota Garda Revolusi, yang dua di antaranya adalah jenderal.

Sementara Israel dan sekutu-sekutunya menembak jatuh sebagian besar senjata tersebut. Meski serangan tersebut hanya menyebabkan kerusakan kecil, namun kekhawatiran mengenai potensi pembalasan Israel tetap memicu kekhawatiran akan terjadinya perang regional besar-besaran.

Israel telah melakukan operasi terhadap situs nuklir di wilayah tersebut sebelumnya

VIVA Militer: Foto citra satelit fasilitas nuklir Parchin militer Iran

Photo :
  • aljazeera.com

Pada tahun 1981, mereka mengebom reaktor nuklir Osirak di Irak pimpinan Saddam Hussein, meskipun ada tantangan dari Amerika Serikat (AS). Pada tahun 2018, mereka mengaku telah melancarkan serangan udara rahasia terhadap reaktor di Suriah 11 tahun sebelumnya.

Israel juga dituduh oleh Teheran telah membunuh dua fisikawan nuklir Iran pada tahun 2010, dan menculik seorang lagi pada tahun sebelumnya.

Pada tahun 2010, serangan siber canggih yang menggunakan virus Stuxnet, yang dikaitkan oleh Teheran dengan Israel dan AS, menyebabkan serangkaian kerusakan pada mesin sentrifugal Iran yang digunakan untuk pengayaan uranium. Israel menuduh Iran ingin memperoleh bom atom, namun Teheran membantahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya