Gelombang Kampanye Penolakan Joe Biden di Pilpres AS Karena Dukung Perang Israel

Gerakan Pemungutan Suara Tidak Terikat di AS (Doc: AP Photo)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Washington – Penyelenggara Listen to Michigan, sebuah upaya untuk memprotes kebijakan Joe Biden terhadap perang Israel di Gaza, memiliki pesan khusus untuk presiden Amerika Serikat.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Listen to Michigan muncul awal tahun ini sebagai gerakan akar rumput yang berfokus pada pemilihan pendahuluan di negara bagian tersebut.

Penyelenggaraan tersebut meminta para pemilih untuk memberikan 'suara tidak terikat' alih-alih mendukung upaya terpilihnya kembali Biden, sebagai upaya untuk menunjukkan ketidaksenangan atas sikap presiden terhadap perang Israel.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Namun, gerakan tersebut telah menimbulkan efek domino di negara-negara penting lainnya, dengan munculnya “suara protes” serupa. Listen to Michigan mengumumkan rencana untuk membawa kampanyenya ke tingkat nasional.

“Sejak kami meluncurkan kampanye kami di Michigan, para kritikus telah berusaha keras untuk meminimalkan momentum 'tidak berkomitmen'. Listen to Michigan dinilai sebagai isu khusus kaum kiri,” kata Layla Elabed, salah satu penyelenggara utama Michigan saat konferensi pers.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

“Hari ini, kami meluncurkan gerakan nasional untuk memberi tahu Anda semua bahwa pemilih yang tidak memiliki komitmen tidak akan kemana-mana, dan kami tidak akan mundur sampai kami mencapai gencatan senjata permanen," tambahnya, dikutip dari Al Jazeera, Kamis, 21 Maret 2024.

VIVA Militer: Presiden Amerika Serikat, Joe Biden

Photo :
  • thehill.com

Penyelenggara mengatakan pengumuman tersebut berfungsi untuk menghilangkan persepsi bahwa Listen to Michigan adalah fenomena yang hanya terjadi satu kali saja, dan hanya berlaku di negara bagian tempat didirikannya acara tersebut.

Mereka berharap dapat memobilisasi pemilih di pemilihan pendahuluan di negara bagian lain, untuk mengirimkan pesan yang kuat sebelum pemilihan umum bahwa perang tidak dapat diterima.

Michigan, yang merupakan negara bagian yang menjadi medan pertempuran utama Joe Biden dan Donald Trump, adalah rumah bagi sejumlah besar populasi Arab dan Muslim yang semakin terlibat secara politik dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, perang di Gaza telah menjadi isu yang sangat penting. Jumlah korban tewas di wilayah kantong Palestina telah meningkat menjadi lebih dari 31.700 orang, seiring Israel terus melakukan pemboman dan pengepungan selama berbulan-bulan.

Pakar PBB telah memperingatkan bahwa sebagian wilayah Gaza berada di ambang kelaparan. Tetapi, pemerintahan Biden dan pejabat tinggi Washington lainnya telah menjanjikan dukungan teguh kepada Israel, meskipun ada kekhawatiran hak asasi manusia yang dipicu oleh tindakan militer mereka.

Kampanye Listen to Michigan bertujuan untuk mengumpulkan 10.000 suara 'tidak terikat' sebagai protes atas dukungan Biden terhadap Israel.

Sebaliknya, pada 27 Februari, Michigan menyaksikan 101.000 surat suara diberikan untuk “tidak berkomitmen” dalam pemilihan pendahuluan Partai Demokrat, yang menghancurkan tujuan penyelenggara. “Tidak berkomitmen” menyumbang 13 persen dari total suara.

Namun, seiring dengan berlanjutnya pemilihan pendahuluan di negara bagian lain, beberapa penyelenggara merasa skeptis bahwa keberhasilan Michigan dapat ditiru di negara bagian lain.

Akankah protes ini menyebar ke luar komunitas Arab dan Muslim?

Pemilihan pendahuluan di Minnesota pada tanggal 5 Maret juga menawarkan jawabannya. Di sana, 19 persen pemilih utama Partai Demokrat atau sekitar 46.000 orang, memilih “tanpa komitmen” dalam pemilihan pendahuluan di negara bagian tersebut.

Para aktivis di negara bagian tersebut mengatakan bahwa jumlah pemilih yang “tidak berkomitmen” ini menjadi lebih mengesankan karena sedikitnya waktu yang mereka miliki untuk berorganisasi, Ini adalah upaya yang memakan waktu delapan hari dan sangat cepat.

Negara bagian lain, terutama Hawaii, Washington, North Carolina dan Massachusetts, juga menunjukkan jumlah pemilih yang menjanjikan.

Upaya menulis dan merusak surat suara bahkan telah berkembang di negara-negara bagian yang tidak memiliki opsi “tanpa komitmen”.

Penyelenggara pemilu di Michigan, Lexi Zeidan, memperkirakan lebih dari setengah juta suara yang belum berkomitmen telah diberikan secara nasional sejauh ini, meskipun tidak mungkin untuk menentukan berapa banyak yang memprotes kebijakan Biden di Gaza.

“Michigan memimpin dengan keberanian yang telah mengilhami gerakan tidak berkomitmen dari pantai ke pantai dengan lebih dari 500.000 pemilih yang tidak memiliki komitmen,” ucap Zeidan.

Dia memperingatkan bahwa penolakan terhadap calon dari Partai Republik, Donald Trump, tidak akan cukup untuk menggalang dukungan dari Partai Demokrat ke pihak Biden.

“Saat kami meluncurkan Gerakan Nasional Tanpa Komitmen (Uncommited National Movement), kami kembali mengirimkan pesan yang jelas bahwa tekanan ini akan terus dipertahankan, bahwa Anda tidak dapat menggunakan rasa takut terhadap Trump untuk melawan tindakan nyata Biden.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya