Prabowo Jadi Presiden, Xi Jinping Harap Komunitas Bersama China-Indonesia Terwujud

Presiden China Xi Jinping (kiri)
Sumber :
  • AP Photo/Kin Cheung, File

Beijing – Prabowo Subianto dinyatakan secara resmi sebagai Pemenang Pilpres 2024 oleh KPU RI. Setelah pengumuman resmi oleh KPU tersebut, sejumlah pemimpin negara di dunia menyampaikan ucapan selamat serta harapannya kepada Prabowo.

BYD Minta Maaf Konsumen di Indonesia Belum Terima Unit, Ini Biang Keroknya

Seperti salah satunya Presiden China Xi Jinping. Pemimpin negeri tirai bambu tersebut berharap dapat bekerja sama dengan Prabowo Subianto sebagai presiden Indonesia terpilih untuk mewujudkan komunitas bersama China-Indonesia.

"Presiden Xi Jinping mengatakan sangat mementingkan perkembangan hubungan China-Indonesia dan berharap dapat bekerja sama dengan presiden terpilih Prabowo Subianto untuk membangun komunitas masa depan bersama antara kedua negara," demikian  pernyataan tertulis di laman resmi Kementerian Luar Negeri China yang diakses pada Sabtu.

Mengecas Mobil Listrik Nantinya Cuma Butuh Waktu 10 Menit

VIVA Militer: Presiden China, Xi Jinping

Photo :
  • express.co.uk

Menurut pernyataan tersebut, Presiden Xi Jinping telah mengirimkan pesan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto atas terpilihnya dirinya sebagai Presiden RI pada 20 Maret 2024.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

"China dan Indonesia adalah tetangga yang bersahabat secara tradisional, Presiden Xi Jinping menunjukkan bahwa dengan upaya bersama kedua belah pihak, perkembangan hubungan bilateral telah berada pada jalur cepat, makin memiliki rasa saling percaya secara politis, memperdalam sinergi strategi pembangunan dengan hasil yang bermanfaat dengan kerja sama yang saling menguntungkan," kata pernyataan itu. 

Baik China maupun Indonesia, disebut telah membuka babak baru dalam membangun komunitas bersama China-Indonesia dengan masa depan bersama.

"Serta memberikan contoh solidaritas dan koordinasi untuk pembangunan di antara negara-negara berkembang yang memiliki masa depan bersama, sehingga dapat membawa lebih banyak manfaat bagi kedua bangsa dan memberikan dorongan yang kuat terhadap kemakmuran dan stabilitas regional dan global.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dalam Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 menyatakan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 dengan perolehan suara 96.214.691.

Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara, sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD meraih 27.040.878 suara sehingga total suara sah berjumlah 164.227.475.

Prabowo-Gibran unggul di 36 provinsi, sedangkan Anies-Muhaimin meraih perolehan suara terbesar di dua provinsi. Sementara itu, Ganjar-Mahfud tidak memenangi satu pun provinsi.

Pilpres 2024 diikuti tiga pasangan, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pasangan calon nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka paslon nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. paslon nomor urut 3.

Prabowo Subianto

Photo :
  • Istimewa

Dalam Pasal 475 ayat (1) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum bahwa dalam hal terjadi perselisihan penetapan perolehan suara hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, pasangan calon dapat mengajukan keberatan kepada Mahkamah Konstitusi (MK) dalam waktu paling lama 3 hari setelah penetapan hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden oleh KPU.

Pelantikan pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih dijadwalkan pada  20 Oktober 2024, dan sebelumnya, 1 Oktober 2024, diagendakan pelantikan  anggota DPR RI dan DPD RI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya