7 Orang Dilaporkan Hilang dalam Insiden Runtuhnya Jembatan Baltimore

Jembatan utama di Baltimore runtuh usai ditabrak kapal pengangkut kontainer
Sumber :
  • Mark Schiefelbein/Associated Press

Washington – Tim penyelamat pada Selasa, 26 Maret 2024, mencari tujuh orang setelah runtuhnya jembatan besar di kota Baltimore, Maryland, Amerika Serikat (AS), bagian timur, kata pihak berwenang.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Video menunjukkan Jembatan Francis Scott Key jatuh ke perairan Sungai Patapsco setelah kapal kontainer berbendera Singapura bernama Dali bertabrakan dengan tiang penyangga sekitar pukul 05:30 waktu setempat.

Jembatan utama di Baltimore runtuh usai ditabrak kapal pengangkut kontainer

Photo :
  • Kaitlin Newman/Associated Press
AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Melansir dari VOA, pihak berwenang mengatakan beberapa kendaraan berada di jembatan baltimore ketika keruntuhan terjadi.

Kepala Pemadam Kebakaran Kota Baltimore, James Wallace mengatakan kepada wartawan bahwa dua orang telah berhasil diselamatkan dari air. Satu orang diangkut ke pusat trauma dalam kondisi serius, sementara yang lainnya tidak terluka.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Penyelam menghadapi suhu air yang sangat dingin, sekitar 9 derajat Celcius (48 derajat Fahrenheit) saat mereka mencari adanya kemungkinan korban lainnya.

Gubernur Maryland Wes Moore mengumumkan keadaan darurat, dan mengatakan negara bagian tersebut bekerja dengan tim antarlembaga untuk segera mengerahkan sumber daya federal dari pemerintahan Biden.

Gedung Putih mengatakan Presiden Joe Biden telah diberi pengarahan mengenai insiden tersebut dan akan terus menerima informasi terkini.

Walikota Baltimore Brandon Scott menyebut tabrakan kapal dengan jembatan tersebut sebagai “tragedi yang tidak terpikirkan.

Sementara itu, Komisaris Polisi Baltimore Richard Worley mengatakan tidak ada indikasi tabrakan itu disengaja.

Namun, belum ada penjelasan langsung atas kejadian tersebut.

Sebagai informasi, Dali memiliki lebar 48 meter (157 kaki) dan panjang 300 meter (984 kaki). Synergy Marine Corp, manajer Dali, mengeluarkan pernyataan yang mengatakan kapal tersebut bertabrakan dengan salah satu pilar jembatan dan seluruh awaknya, termasuk dua pilot di dalamnya dan 20 awak kapal dalam keadaan selamat.

Jembatan Baltimore Amerika Serikat Ambruk

Photo :
  • Istimewa

Jembatan berusia 47 tahun dan sepanjang 2,5 kilometer ini merupakan penghubung utama jalan raya antar negara bagian yang mengelilingi kota Baltimore, yang memiliki salah satu pelabuhan terbesar di Amerika Serikat.

Namanya diambil dari nama Francis Scott Key, penulis “The Star Spangled Banner,” sebuah puisi yang kemudian dijadikan musik hingga akhirnya menjadi lagu kebangsaan AS.

Key terinspirasi untuk menulis puisi tersebut setelah menyaksikan pemboman Inggris terhadap benteng besar militer AS di Baltimore pada tahun 1814, selama perang antar negara yang dimulai pada tahun 1812.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya