Syekh Al Sudais Himbau Jemaah Untuk Fokus Ibadah dan Kurangi Berfoto-foto Saat di Tanah Suci

Masjidil Haram
Sumber :
  • MCH 2023

VIVA – Bulan Ramadhan memberikan kesempatan bagi muslim di seluruh dunia untuk mencari keberkahan dan pahala di tanah suci, sesuai dengan hadits yang mengatakan bahwa pahala umrah di bulan itu setara dengan ibadah haji. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa bulan ini menjadi puncak jumlah jemaah umrah yang datang ke tanah suci.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Ketua Presidensi Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Syekh Abdul Rahman Al-Sudais, menasehati para jemaah untuk memaksimalkan waktu mereka di dua Masjid Suci dengan fokus pada ibadah dan sunah sunah.

Masjidil Haram diguyur hujan deras pada 2 Januari 2023

Photo :
  • Haramain Sharifain
Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Imam Besar Masjidil Haram, Syekh Al-Sudais, sebaliknya meminta jemaah untuk memuliakan Tanah Suci dengan mengurangi foto-foto dan mengambil video saat berada di sana, dilansir dari Himpunan Penyelenggara Umrah & Haji pada Rabu, 27 Maret 2024.

"Muliakanlah waktu dan tempat suci," ucapnya seperti dikutip dari gulfnews, Senin 25 Maret 2024.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Selama musim umrah atau ziarah kecil ke Masjidil Haram, banyak jemaah yang mencoba mengabadikan kedatangan mereka dengan mengambil foto dengan kamera ponsel mereka.

Sejak bulan Ramadhan dimulai pada 11 Maret, sekitar 7,5 juta jemaah umrah telah pergi ke Masjidil Haram. Al Arabiya TV juga melaporkan bahwa sebanyak 10 juta jemaah tambahan pergi ke Masjid Nabawi pada waktu yang sama.

Untuk menyambut puncak musim umrah, Al Sudais berfokus pada persiapan dua masjid suci.

"Perangkat keagamaan di Dua Masjid Suci dipersiapkan untuk menyambut jemaah dengan memberikan mereka layanan dengan terbaik," katanya.

Pekan lalu, Arab Saudi melarang para jemaah untuk melakukan umrah lebih dari satu kali selama bulan Ramadhan.

Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi

Photo :
  • Reasahalharamain

Larangan tersebut dilakukan untuk mengurangi kepadatan, kata Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi. Mereka juga mengatakan bahwa itu juga bertujuan untuk memberi jemaah lain kesempatan untuk umrah.

Selain itu, pihak berwenang Saudi mengalokasikan lantai dasar Ka'bah hanya untuk jemaah umrah selama Ramadhan dan gerbang yang luas dibuat untuk memungkinkan jemaah keluar dan masuk, mencegah penumpukan jemaah saat puncak umrah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya