Rusia: ISIS Biasanya Menyerang AS, Jadi Serangan di Moskow Adalah Hal yang Aneh

Tim SWAT Rusia saat kejadian teror di Moskow
Sumber :
  • AP News

Moskow – Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan bahwa ISIS-K, yang bertanggung jawab atas aksi terorisme di gedung konser Moskow Jumat, 22 Maret lalu, adalah hal yang 'aneh'.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Zakharova menyampaikan pernyataan tersebut dalam sebuah artikel untuk surat kabar Rusia Komsomolskaya Pravda. Artikel itu berjudul “Biden menyukai ISIS, bukan perdamaian” diterbitkan oleh surat kabar Inggris The Telegraph pada hari Senin lalu. 

Zaharova menggambarkan hal ini sebagai “kebetulan yang aneh,” dan mengklaim bahwa ISIS telah mengubah rencananya dalam beberapa tahun terakhir. 

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Juru Bicara Kemlu Rusia Maria Zakharova di St. Peterseburg, Rusia

Photo :
  • TASS Host Photo Agency Pool via AP

Ia berkata bahwa biasanya ISIS menyerang pihak AS, namun kini malah menyerang negara-negara yang dianggap sebagai musuh AS, termasuk Rusia. 

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

“Anehnya, ISIS biasanya telah menyesuaikan rencananya dalam beberapa tahun terakhir dan kini menyerang musuh Amerika Serikat, seperti Taliban (IEA) di Afghanistan, Iran, otoritas sah di Suriah, dan Rusia,” tulisnya. 

"Ini hanyalah apa yang tampak di permukaan dan dapat diperoleh dari laporan berita dunia.” lanjutnya. 

Zakharova juga mengenang bahwa di masa lalu, Washington secara aktif mendukung, mempersenjatai, dan mengendalikan mujahidin di Afghanistan sebagai bagian dari upayanya untuk menentang Uni Soviet. "Al-Qaeda justru muncul dari kampanye di Afghanistan,” klaimnya. 

Ambulans, personel tiba di tempat konser Balai Kota Crocus dekat Moskow, Rusia

Photo :
  • Anadolu Ajansi

Pernyataan tersebut muncul setelah serangan terhadap gedung Crocus City Concert Hall dekat Moskow pada Jumat 22 Maret malam yang menyebabkan 139 orang tewas dan 182 lainnya luka-luka. Para teroris, selain menembak membabi buta juga membakar gedung hingga gedung pun terbakar hangus dan atap runtuh. 

11 orang telah ditangkap, empat pelaku penyerangan telah diadili dan tujuh lainnya yang diyakini sebagai kaki tangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya