Menteri Pertahanan AS: Melindungi Warga Palestina Adalah Sebuah Keharusan

VIVA Militer: Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd Austin
Sumber :
  • kcbd.com

VIVA – Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, mengatakan kepada rekannya dari Israel pada hari Selasa 26 Maret 2024 bahwa melindungi warga Palestina dalam perang yang sedang berlangsung adalah sebuah keharusan.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

“Seperti yang selalu saya katakan, melindungi warga sipil Palestina adalah kebutuhan moral dan keharusan strategis,” kata Austin kepada Yoav Gallant sebelum pertemuan mereka di Pentagon. 

US Secretary of Defense Lloyd Austin (Doc: AP Photo)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong
Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

“Saat ini di Gaza, jumlah korban sipil terlalu tinggi dan jumlah bantuan kemanusiaan terlalu sedikit. Gaza menderita bencana kemanusiaan dan situasinya bahkan lebih buruk lagi,” ujarnya. 

Menekankan bahwa peningkatan bantuan segera diperlukan untuk mencegah kelaparan, ia berkata bahwa mengirimkan bantuan adalah langkah yang harus terjadi untuk kepentingan masyarakat Palestina.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

“Pekerjaan kami untuk membuka koridor kemanusiaan sementara melalui laut akan membantu, tetapi yang penting adalah memperluas pengiriman bantuan melalui darat,”

Keamanan Palestina di Rafah adalah prioritas utama bagi Amerika Serikat. 

“Keselamatan 1,5 juta warga sipil Palestina di Rafah juga menjadi prioritas utama Amerika Serikat,” kata Austin. 

Mengulangi dukungan AS terhadap solusi dua negara antara Israel dan Palestina, Austin mengatakan hubungan keamanan antara AS dan Israel tetap tidak akan tergoyahkan.

“Amerika Serikat adalah sahabat terdekat Israel dan itu tidak akan berubah," tambahnya. 

Gallant mengatakan para pemimpin pertahanan akan membahas perkembangan di Gaza.

"Negosiasi penyanderaan dan posisi Hamas memaksa kami untuk menyatukan upaya militer dan diplomatik kami serta meningkatkan tekanan terhadap Hamas,”

"Saya juga akan membahas meningkatnya ancaman di perbatasan utara kami dan komitmen kami untuk mengembalikan komunitas pengungsi ke tempat asal mereka,” tambahnya. 

Sementara itu, Israel telah melancarkan serangan militer mematikan ke wilayah Palestina sejak serangan lintas batas tanggal 7 Oktober oleh kelompok perlawanan Palestina Hamas yang menewaskan kurang dari 1.200 orang. 

Sejak saat itu, lebih dari 32.400 warga Palestina tewas dan hampir 74.800 orang terluka di tengah kehancuran yang meluas dan kekurangan kebutuhan dasar. 

VIVA Militer: Pengungsi Gaza di depan puing masjid di Deir al-Balah

Photo :
  • aljazeera.com

Perang Israel yang kini memasuki hari ke-172, telah menyebabkan 85% penduduk Gaza menjadi pengungsi di tengah kekurangan makanan, air, dan obat-obatan, sementara 60% infrastruktur Gaza Lantai di kawasan itu rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituduh melakukan genosida oleh Mahkamah Internasional, yang pada bulan Januari mengeluarkan keputusan sementara yang memerintahkan Tel Aviv untuk mengakhiri genosida dan mengambil tindakan untuk memastikan pasokan bantuan kemanusiaan kepada warga sipil di Gaza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya