Kata Warga Baltimore Setelah Jembatan Francis Scott Key Runtuh: Saya Tidak Percaya

Jembatan Francis Scott Key, di kota Baltimore, AS runtuh ditabrak kapal kargo
Sumber :
  • Live Storm Chasers

Washington – Warga di seluruh Baltimore kesulitan memahami apa yang terjadi setelah mendengar berita runtuhnya Jembatan Francis Scott Key, salah satu jalan raya utama kota.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

"Sepertinya tidak mungkin,” kata Reginald Jones, warga Baltimore berusia 67 tahun.

Jembatan itu ambruk ke Sungai Patapsco, sekitar pukul 1.30 waktu setempat, pada Selasa, 26 Maret 2024, setelah ditabrak oleh kapal kargo raksasa yang meninggalkan pelabuhan kota.

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

Gubernur Maryland, Wes Moore, mengumumkan keadaan darurat tidak lama kemudian, dan Administrasi Pelabuhan Maryland mengumumkan penangguhan lalu lintas kapal masuk dan keluar dari pelabuhan Baltimore hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Jembatan Francis Scott Key, di kota Baltimore, AS runtuh ditabrak kapal kargo

Photo :
  • AP Photo/Steve Helber
Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Jones sendiri tinggal di Cherry Hill, hanya lima mil dari bencana. Dia tumbuh dengan berolahraga di samping jembatan di Fort Armistead Park.

Seorang fotografer amatir, Jones dalam beberapa tahun terakhir sering berkendara ke jembatan untuk mengambil foto eksposur panjang dan pemandangan di bawahnya.

"Istri saya membangunkan saya pagi ini untuk memberi tahu saya kabar tersebut,” katanya.

“Saya tidak percaya.”

Jones dan warga lainnya berkumpul di sebuah toko serba yang ada di dekat pintu masuk jembatan pada Selasa pagi, toko terdekat yang bisa mereka jangkau dari lokasi kejadian.

Pencarian sedang dilakukan untuk menemukan setidaknya enam pekerja konstruksi yang masih belum ditemukan pada Selasa sore. Menurut Otoritas Transportasi Maryland, mereka berupaya memperbaiki jalan berlubang saat insiden terjadi.

Jesus Campos, seorang pekerja konstruksi di perusahaan Brawner Builders, mengatakan para pekerja tersebut adalah imigran berpenghasilan rendah dari Amerika Tengah dan Meksiko. Pekerjaan mereka membantu mereka menghidupi anggota keluarga di sini dan di luar negeri, katanya.

Ia sendiri bekerja shift malam di jembatan tersebut hingga satu bulan lalu ia dipindahkan ke shift siang.

"Ini situasi yang sulit,” katanya dari tempat parkir toko serba ada, berbicara melalui seorang penerjemah.

“Teman-temanku sedang mengerjakan jembatan itu.”

Jembatan Francis Scott Key, di kota Baltimore, AS runtuh ditabrak kapal kargo

Photo :
  • Fox News

Jembatan Francis Scott Key adalah salah satu dari tiga cara untuk menyeberangi Pelabuhan Baltimore, dan menghubungkan mereka yang berkendara antara Washington DC dan New York.

"Akan ada dampak buruk terhadap lalu lintas kami,” ucap Jones.

Diperkirakan, 11,5 juta kendaraan melintasi jembatan setiap tahun, dengan lalu lintas harian rata-rata 31.500 kendaraan.

“Jika kejadian itu terjadi pada siang hari, saya beritahu Anda, akan ada ratusan mobil tenggelam,” kata Christopher Romey, seorang warga berusia 62 tahun di lingkungan Brooklyn Park di Baltimore, empat mil dari lokasi kejadian.

Romey mengatakan dia pergi memancing di jembatan sampai jam 6 sore pada hari Senin, hanya beberapa jam sebelum jembatan itu runtuh.

“Saya senang bisa melihat jembatan itu sekali lagi,” katanya, dikutip dari The Guardian, Rabu, 27 Maret 2024.

Romey menyaksikan para kru membangun Jembatan Francis Scott Key pada tahun 1970-an. Ia membawa foto dirinya di dalam mobil di samping jembatan tahun 1980-an.

“Saya tumbuh di jembatan itu, dengan jembatan itu,” katanya.

“Saya tidak percaya (jembatan) itu hilang.”

Anggota gereja Kristen Arundel, empat setengah mil dari jembatan, berkumpul di tempat parkir toko pada hari Selasa dengan harapan dapat memberikan dukungan bagi keluarga yang membutuhkan.

Baltimore adalah salah satu pelabuhan utama di Amerika untuk mengimpor dan mengekspor mobil, menangani 847,158 mobil dan truk ringan pada tahun 2023, menurut data dari pelabuhan tersebut. Penutupan ini bisa berdampak buruk pada perekonomian nasional.

Kapal pengangkut kontainer tabrak jembatan di Baltimore, Selasa 26/3/24

Photo :
  • Mark Schiefelbein/Associated Press

John Chenery, pengawas gereja, mengatakan dia dan para pemimpin gereja lainnya akan bekerja untuk membantu keluarga-keluarga yang membutuhkan setelah bencana tersebut.

"Kami akan menyediakan doa, dan kami juga akan menyediakan makanan dan apa yang dibutuhkan,” katanya.

Joe Biden mengatakan pada Selasa sore bahwa pemerintah federal akan menanggung biaya pembangunan kembali jembatan yang hancur tersebut, dan meminta Kongres untuk mendukung upaya tersebut.

Selain berfokus pada pencarian dan penyelamatan, katanya, para pejabat akan berupaya untuk membuka kembali pelabuhan kota sesegera mungkin, mengingat 15.000 pekerjaan bergantung pada pelabuhan tersebut.

John Currence, seorang anggota gereja Kristen Arundel dan mantan perwira kelautan pedagang di gereja tersebut, mengatakan dia memperkirakan penutupan pelabuhan akan berdampak buruk bagi perekonomian Baltimore.

"Ini akan berdampak secara ekonomi pada banyak bisnis (lokal)," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya