Anggota Parlemen AS Kecam Serangan Israel yang Tewaskan 7 Pekerja Bantuan di Gaza

Ilustrasi setop
Sumber :
  • istimewa

VIVA Dunia – Serangan udara Israel di Gaza yang menewaskan tujuh pekerja bantuan dari sebuah badan amal pangan yang berbasis di AS “menunjukkan ciri-ciri serangan yang presisi,” kata pengawas pengecekan fakta Bellingcat dalam sebuah laporan baru pada hari Selasa.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Laporan Bellingcat membalas pernyataan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebelumnya, yang mengklaim bahwa serangan hari Senin yang menewaskan tujuh pekerja bantuan World Central Kitchen (WCK) adalah "kasus tragis di mana pasukan kami secara tidak sengaja menyerang orang-orang yang tidak bersalah di Jalur Gaza."

“Kendaraan yang hancur memiliki ciri-ciri serangan yang presisi, yang hanya mampu dilakukan oleh IDF (tentara Israel) di wilayah tersebut,” kata mantan perwira militer Inggris Nick Waters, seorang analis sumber terbuka Bellingcat, dalam laporan tersebut dikutip VIVA.co.id dari laman AA.com.tr.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

“Gambar setelah pemogokan menunjukkan bahwa kendaraan WCK berwarna putih dan setidaknya satu memiliki logo dan nama WCK dengan jelas di atapnya,” kata Waters.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Melalui penggunaan intelijen sumber terbuka dan dengan melakukan geolokasi kendaraan yang dihantam Israel, Bellingcat menyimpulkan bahwa serangan Israel disengaja, kata kelompok itu.

“Bellingcat melakukan geolokasi kendaraan tersebut ke pinggiran Deir al-Balah (Gaza tengah) ketika mereka diserang – tidak jauh dari lokasi fasilitas WCK di Deir al-Balah,” kata laporan itu.

Dokumen tersebut juga memberikan rincian tentang tiga kendaraan bantuan yang menjadi sasaran Israel.

VIVA Militer: Serangan udara militer Israel ke Jalur Gaza, Palestina

Photo :
  • dawn.com

“Gambar setelah kejadian tersebut menggambarkan tiga mobil yang hancur akibat serangan tersebut, konsisten dengan pernyataan WCK bahwa konvoi tersebut mencakup dua mobil lapis baja dan sebuah kendaraan berbahan kulit lunak,” kata Waters dalam laporan tersebut, seraya menambahkan bahwa kendaraan kedua, yang “lebih rusak berat dan mengalami kerusakan akibat kebakaran," dapat diidentifikasi dari jarak sekitar 800 meter (sekitar 2.625 kaki).

Memberikan data geolokasi untuk ketiga mobil tersebut, laporan tersebut menambahkan bahwa kendaraan bantuan terakhir yang dihantam Israel diidentifikasi sekitar 1,6 kilometer (sekitar 1 mil) ke arah barat daya kendaraan pertama.

Setelah laporan Bellingcat dirilis, harian Israel Haaretz menerbitkan sebuah cerita, berdasarkan sumber-sumber militer Israel yang mengetahui masalah tersebut, dan juga mengkonfirmasi bahwa serangan itu disengaja, bukan kecelakaan “tragis” yang diklaim oleh Netanyahu.

Haaretz juga mencatat bahwa kendaraan bantuan “ditandai dengan jelas di atap dan samping sebagai milik organisasi (bantuan)” dan berjalan di sepanjang “rute yang telah disetujui dan dikoordinasikan dengan” tentara Israel.

Meskipun demikian, tambahnya, “ruang perang dari unit yang bertanggung jawab atas keamanan rute tersebut memerintahkan operator drone untuk menyerang salah satu mobil dengan rudal,” tidak hanya sekali, tidak dua kali, tetapi tiga kali mengenai kendaraan tersebut, dan membunuh semua kendaraan. tujuh pekerja bantuan sukarela.

Selain menewaskan sekitar 33.000 orang sejak 7 Oktober, serangan dan pengepungan Israel di Jalur Gaza juga disalahkan atas kondisi hampir kelaparan di antara lebih dari 2 juta warga Palestina di sana, dan atas serangan yang menewaskan pekerja bantuan dan warga sipil yang mencari bantuan kemanusiaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya