Miliarder di Vietnam Dijatuhi Hukuman Mati Gegara Menipu Bank Rp 697 Triliun

Truong My Lan (AP Photo)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Hanoi – Di balik serambi kuning megah gedung pengadilan era kolonial di Kota Ho Chi Minh, Vietnam, seorang pengembang properti berusia 67 tahun dijatuhi hukuman mati, pada hari Kamis, 11 April 2024, karena menipu salah satu bank terbesar di negara tersebut selama 11 tahun.

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun

Ini adalah putusan yang jarang terjadi di Vietnam dan wanita itu adalah satu dari sedikit perempuan di Vietnam yang dijatuhi hukuman mati karena kejahatan "kerah putih" atau penipuan.

Ilustrasi hukuman mati.

Photo :
  • iStock.com
Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Keputusan ini mencerminkan skala penipuan yang memusingkan. Truong My Lan dihukum karena mengambil pinjaman sebesar US$44 miliar atau setara dengan Rp 697,1 triliun, dari Saigon Commercial Bank.

Putusan tersebut mengharuskan dia mengembalikan dana US$27 miliar atau Rp 427,8 triliun, jumlah yang menurut jaksa penuntut mungkin tidak akan pernah bisa diperoleh kembali.

BI Catat Penyaluran Kredit Baru Kuartal I-2024 Tumbuh Positif, Ada Tapinya

Beberapa orang percaya hukuman mati adalah cara pengadilan untuk mendorongnya mengembalikan sebagian dari miliaran uang yang hilang.

Otoritas komunis yang biasanya tertutup, kini tidak seperti biasanya. Mereka berterus terang mengenai kasus ini, dan menjelaskannya secara detail kepada media.

Mereka mengatakan 2.700 orang dipanggil untuk memberikan kesaksian, sementara 10 jaksa penuntut negara dan sekitar 200 pengacara dilibatkan.

Barang buktinya ada di 104 kotak dengan berat total enam ton. 85 orang lainnya diadili bersama Truong My Lan, yang menolak tuduhan tersebut dan dapat mengajukan banding.

Semua terdakwa dinyatakan bersalah. Empat menerima hukuman penjara seumur hidup. Sisanya dijatuhi hukuman penjara mulai dari 20 tahun hingga tiga tahun ditangguhkan.

Suami dan keponakan Truong My Lan masing-masing menerima hukuman penjara sembilan dan 17 tahun.

“Saya rasa, belum pernah ada persidangan seperti ini di era komunis,” kata David Brown, pensiunan pejabat Departemen Luar Negeri AS yang memiliki pengalaman panjang di Vietnam.

"Tentu saja tidak ada yang terjadi pada skala ini," sambungny, dikutip dari BBC Internasional, Jumat, 12 April 2024.

Persidangan ini merupakan babak paling dramatis sejauh ini dalam kampanye antikorupsi "Tungku Berkobar" yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Partai Komunis, Nguyen Phu Trong.

Seorang ideolog konservatif yang mendalami teori Marxis, Nguyen Phu Trong percaya bahwa kemarahan rakyat atas korupsi yang tidak terkendali merupakan ancaman nyata terhadap monopoli kekuasaan Partai Komunis.

Dia memulai kampanyenya dengan sungguh-sungguh pada tahun 2016 setelah mengungguli perdana menteri yang saat itu pro-bisnis untuk mempertahankan jabatan puncak di partai tersebut.

Kampanye ini telah menyebabkan dua presiden dan dua wakil perdana menteri dipaksa mengundurkan diri, dan ratusan pejabat didisiplinkan atau dipenjara. Kini, salah satu wanita terkaya di negara ini telah bergabung dengan mereka.

Truong My Lan berasal dari keluarga Sino-Vietnam di Kota Ho Chi Minh, sebelumnya Saigon. Kota ini telah lama menjadi mesin komersial perekonomian Vietnam, sejak dahulu menjadi ibu kota anti-komunis di Vietnam Selatan, dengan komunitas etnis Tionghoa yang besar.

Pengusaha properti Truong My Lan ditangkap korupsi Rp 191 triliun

Photo :
  • Vietnamnet

Dia memulai karirnya sebagai pedagang di kios pasar, menjual kosmetik bersama ibunya, namun mulai membeli tanah dan properti setelah Partai Komunis memulai periode reformasi ekonomi, yang dikenal sebagai Doi Moi, pada tahun 1986. Pada tahun 1990an, dia memiliki hotel dan restoran.

Meskipun Vietnam terkenal di luar negeri karena sektor manufakturnya yang berkembang pesat, sebagai rantai pasokan alternatif selain Tiongkok, sebagian besar orang kaya di Vietnam memperoleh penghasilan dari pengembangan dan spekulasi di bidang properti.

Semua tanah resmi milik negara. Mendapatkan akses terhadap hal tersebut seringkali bergantung pada hubungan pribadi dengan pejabat negara. Korupsi meningkat seiring pertumbuhan ekonomi, dan menjadi endemik.

Pada tahun 2011, Truong My Lan adalah seorang tokoh bisnis terkenal di Kota Ho Chi Minh, dan dia diizinkan untuk mengatur penggabungan tiga bank kecil yang kekurangan uang menjadi entitas yang lebih besar, Saigon Commercial Bank.

Hukum Vietnam melarang siapa pun memiliki lebih dari 5 persen saham di bank mana pun. Namun, jaksa mengatakan bahwa melalui ratusan perusahaan cangkang dan orang-orang yang bertindak sebagai kuasanya, Truong My Lan sebenarnya memiliki lebih dari 90 persen Saigon Commercial.

Mereka menuduhnya menggunakan kekuasaan itu untuk menunjuk orang-orangnya sendiri sebagai manajer, dan kemudian memerintahkan mereka untuk menyetujui ratusan pinjaman ke jaringan perusahaan cangkang yang ia kendalikan.

Jumlah yang diambil sangat mencengangkan. Pinjamannya mencakup 93 persen dari seluruh pinjaman bank.

Menurut jaksa, selama periode tiga tahun sejak Februari 2019, dia memerintahkan sopirnya untuk menarik US$4 miliar (Rp 63,3 triliun) tunai dari bank, dan menyimpannya di ruang bawah tanahnya.

Uang tunai sebanyak itu, meskipun seluruhnya ada dalam uang kertas pecahan terbesar di Vietnam, akan berbobot dua ton.

Tumpukan uang dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Dia juga dituduh memberikan suap dalam jumlah besar untuk memastikan pinjamannya tidak pernah diperiksa. Seorang mantan kepala inspektur di bank sentral dijatuhi hukuman seumur hidup karena menerima suap sebesar US$5 juta atau Rp 79,2 miliar.

Banyaknya publisitas yang disetujui secara resmi mengenai kasus ini menyalurkan kemarahan publik atas penipuan yang dilakukan terhadap Truong My Lan.

Namun pertanyaan juga diajukan tentang mengapa dia bisa terus melakukan dugaan penipuan begitu lama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya