Konflik Israel-Iran, Kemlu: Tidak Ada Informasi WNI yang Terdampak

Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

Jakarta – Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) memastikan tidak ada Warga Negara Indonesia (WNI) yang terdampak dari serangan balasan Iran ke Israel pada 14 April 2024.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

"Hingga saat ini tidak ada informasi WNI yang terdampak dalam serangan balasan Iran ke Israel pada tanggal 14 April 2024," demikian keterangan tertulis dilansir dari laman resmi Kemlu RI, Minggu, 14 April 2024.

Usai serangan Israel ke fasilitas diplomatik Iran di Damaskus, Kemlu terus memantau dari dekat eskalasi perkembangan di kawasan Timur Tengah.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Pasukan khusus Iran.

Photo :
  • debka.com

Kemlu juga terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Amman, KBRI Tehran, perwakilan RI lainnya di Timur Tengah, termasuk situasi para WNI yang tinggal di kawasan tersebut.  KBRI Amman telah menjalin komunikasi dengan para WNI yang menetap di wilayah Israel.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Database KBRI Amman mencatat terdapat 115 WNI yang berada di Israel. Mayoritas WNI menetap di Jerussalem, Tel Aviv dan Arava. Adapun KBRI Tehran mencatat terdapat 376 WNI yang menetap di Iran. Mayoritas adalah pelajar/mahasiswa di kota Qom.

Sebelumnya pada 13 April 2024, Kemlu telah menyampaikan imbauan kepada para WNI untuk meningkatkan kewaspadaan dan menunda perjalanan ke Iran dan Israel. Dalam kondisi darurat agar segera menghubungi hotline Perwakilan RI terdekat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya