Ini Isi Pernyataan Lengkap Presiden AS Joe Biden Soal Serangan Iran ke Israel

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden
Sumber :
  • Dok Joe Biden

Amerika Serikat Presiden AS, Joe Biden, telah menyampaikan pernyataan resmi terkait serangan Iran ke Israel baru-baru ini. Pernyataan tersebut disampaikan melalui situs Gedung Putih dan media sosial Biden.

Netanyahu Tidak Bisa Berkunjung ke 124 Negara Jika ICC Rilis Surat Penangkapan

Biden mengutuk keras serangan Iran dan sekutunya terhadap fasilitas militer Israel, serta memastikan bahwa pasukan militer AS telah diinstruksikan untuk membantu Israel menghadapi serangan tersebut.

Upaya pertahanan telah dilakukan, termasuk penempatan pesawat dan kapal penghancur rudal balistik di sekitar wilayah Israel. Biden juga menyatakan bahwa bersama Israel, mereka berhasil menghancurkan sebagian besar drone dan rudal yang dikirim oleh Iran.

Tentang Makam Imam Reza, Tempat Presiden Iran Dimakamkan

Presiden AS Joe Biden menggelar rapat respons serangan Iran ke Israel

Photo :
  • Dok Joe Biden

Ia juga mengungkapkan isi perbincangan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Biden mengatakan salah satu obrolan darurat tersebut menegaskan komitmen AS dalam mendukung keamanan Israel.

Oposisi Pemerintah Israel Desak Netanyahu Segera Akui Negara Palestina

Berikut pernyataan lengkap Presiden AS Joe Biden terkait serangan Iran ke Israel:

Pada awal hari ini, Iran--dan proksinya yang beroperasi di Yaman, Suriah, dan Irak--meluncurkan serangan udara yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap fasilitas militer di Israel. Saya mengutuk keras serangan-serangan ini.

Atas arahan saya, untuk mendukung pertahanan Israel, militer AS memindahkan pesawat dan kapal penghancur rudal balistik ke wilayah tersebut selama seminggu terakhir.

Berkat pengerahan ini dan keterampilan luar biasa dari prajurit kami, kami membantu Israel menghancurkan hampir semua drone dan rudal yang datang.

Saya baru saja berbicara dengan Perdana Menteri Netanyahu untuk menegaskan kembali komitmen kuat Amerika terhadap keamanan Israel. Saya mengatakan kepadanya bahwa Israel menunjukkan kapasitas luar biasa untuk bertahan melawan dan mengalahkan serangan-serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya--mengirimkan pesan yang jelas kepada musuh-musuhnya bahwa mereka tidak dapat secara efektif mengancam keamanan Israel.

Besok, saya akan bertemu dengan rekan-rekan pemimpin G7 untuk koordinasi soal tanggapan diplomatik bersama terhadap serangan Iran yang keterlaluan. Tim saya akan berkoordinasi dengan rekan-rekan di semua regional.

Dan kami akan tetap berhubungan dekat dengan para pemimpin Israel. Meski kami belum melihat serangan terhadap pasukan atau fasilitas kami saat ini, kami akan tetap waspada terhadap semua ancaman dan tidak akan ragu untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi rakyat kami.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya